infobanua.co.id
Beranda Kotawaringin Timur Bupati Kotim Minta Aparat Hukum Serta Masyarakat Untuk Memantau Oknum Pembakar Lahan

Bupati Kotim Minta Aparat Hukum Serta Masyarakat Untuk Memantau Oknum Pembakar Lahan

Sebelum sholat istisqo di halaman kantor Pemerintah Daerah Kotim. (nal/brt).

Sampit, infobanua.co. id – Kondisi kabut asap yang semakin tebal dan musim kemarau yang masih berlangsung membuat Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, menggelar sholat istisqa atau shalat minta hujan Selasa (3-10-2023).

Pelaksanaan sholat yang dipimpin oleh Ustadz Malik Ashari tersebut turut dihadiri oleh Bupati Kotim Halikinnor, Sekretaris Daerah Kotim, Fajrurrahman dan sejumlah Kepala SOPD serta ratusan masyarakat umum di Halaman Kantor Bupati Kotim.

Bupati Kotim, Halikinnor mengatakan pihaknya sudah berupaya maksimal mungkin dalam melakukan penanganan karhutla di lapangan, bahkan pihaknya juga dibantu pemadaman dengan water boombing untuk dapat menjangkau lokasi-lokasi yang tidak dapat dilakukan pemadaman dengan jalur darat.

“Mudah-mudahan dengan shalat istisqa ini Allah segera memberikan hujan dalam waktu tidak terlalu lama sehingga bisa memadamkan kebakaran lahan,” ujarnya.

Untuk itu dirinya terus mengimbau kepada seluruh masyarakat Kotawaringin Timur, untuk di rumah-rumah ibadah, agama apapun untuk dapat meminta hujan di daerah Kotim dan daerah-daerah lain di Indonesia yang juga mengalami kekeringan di musim kemarau.

Disamping itu juga pihaknya berencana meminta Pemerintah Pusat agar dapat melakukan hujan buatan di wilayah ini, sebab menurutnya Pemerintah Pusat juga terus memonitor sehingga mereka tahu berapa banyak hotspot yang muncul.

“Lahan yang terbakar itu kan lahan-lahan di permukiman. Kecenderungan kalau begitu, kemungkinan besar ada juga yang sengaja dibakar ,mkanya kami meminta Polres atau aparat keamanan, termasuk masyarakat untuk memantau itu,” tegasnya.

Zainal.

Bagikan:

Iklan