infobanua.co.id
Beranda Malinau Pengukuhan Pengurus Lembaga Adat Lundaye Se- Kabupaten Malinau

Pengukuhan Pengurus Lembaga Adat Lundaye Se- Kabupaten Malinau

Bupati Malinau Wempi W Mawa, SE. MH Memberi Pengarahan Kapada Peserta yang telah resmi dikukuhan Pengurus Lembaga Adat Lundaye Se Kabupaten Malinau.

Malinau, infobanua co.id  – Bupati Malinau Wempi W Mawa, SE. MH Memberi Pengarahan Kapada Peserta yang telah resmi dikukuhan Pengurus Lembaga Adat Lundaye Se Kabupaten Malinau pada hari Selasa , 3 Oktober 2023 di Balai Pertemuan Umum ( BPU ) Tanjung Lapang Malinau Barat Kabupaten Malinau

Wempi W Mawa, SE. MH juga sudah terpilih sebagai Ketua Persekutuan Dayak Lundaye ( PDL ) Provinsi Kalimantan Utara mengharapkan, kerja sama kita semua membangun persekutuan Dayak Lundaye lebih baik kedepannya.

“Kita bangun di semua sektor antara lain sektor sandang pangan (pertanian dalam arti luas), sektor Pendidikan anak – anak yang putus sekolah diberi kesempatan mengikuti kursus – kursus di berbagai ketrampilan. Dengan harapan setelah mendapat Ijazah,  trampil bisa hidup mandiri dan siap pakai di mana saja ,” harap Wempi

Selanjutnya, pembahasan yang di sepekati oleh peserta seminar adat istiadat Dayak Lundaye yang besar kecilnya hukum denda adat yang di jatuhkan terhadap pelaku atau yang bersalah. Misalnya kasus perzinahan masing – masing bersuami istri si A suami berselingku sama istri B jadi kedua belah pihak ini di kenakan hukum denda adat masing – masing 10 juta di beri kedua belah pihak.

Kasus menghamili anak orang tidak mau menikah maka di kenakan hukum dendah adat Rp50 juta dan mengembalikan nama baik Rp15 juta. Hukum Adat di berlakukan terhadap semua pelanggar hukum adat di terapkan kepada semua orang.

Reporter    :  Philips

Editor.        :  Ibrahim

Bagikan:

Iklan