infobanua.co.id
Beranda HULU SUNGAI TENGAH Pemkab HST Dukung Pembangunan Sumber Daya Manusia di Bumi Murakata

Pemkab HST Dukung Pembangunan Sumber Daya Manusia di Bumi Murakata

Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) HST menggelar Pelatihan Guide Bagi Indusri Pariwisata, Rabu (4/10/2023).

Barabai, infobanua.co.id – Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (Pemkab HST) terus mendukung pembangunan sumber daya manusia (SDM) di Bumi Murakata.

Salah satu bentuk dukungan itu yakni, memberikan pelatihan bagi ‘guide’ atau pemandu wisata di HST. Program ini bentuk pengembangan kapasitas sumber daya pariwisata dan ekonomi.

Ya, pariwisata saat ini menjadi sektor strategis dalam pembangunan perekonomian. Kontribusinya tidak hanya ada di tingkat nasional tetapi juga sampai ke daerah.

Di HST bahkan punya rencana induk pembangunan kepariwisataan. Tertuang pada Perda HST Nomor 3 Tahun 2019.

Sebagai leading sektor, Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) HST menggelar Pelatihan Guide Bagi Indusri Pariwisata, Rabu (4/10/2023).

Wakil Bupati (Wabup) HST, H Mansyah Sabri menyebut pariwisata tidak hanya soal peningkatan pada perekonomian masyarakat. Tetapi juga apresiasi terhadap budaya daerah hingga menjalin persahabatan antar bangsa.

“Juga dapat meningkatkan PAD. Baik itu pemerintah desa maupun di pemerintah kabupaten,” kata Mansyah saat membuka resmi pelatihan guide di Niraz Hotel Banjarmasin, Rabu siang.

Berangkat dari hal itu, ke depannya Mansyah berharap guide HST yang diberi pelatihan dapat menjadi agen-agen wisata. Sebab dia menilai destinasi wisata di HST tidak kalah dengan daerah lain.

Baik itu wisata alam, relegi, sejarah sampai budaya dan adat istiadat. Sehingga pelatihan itu penting bagi guide untuk bagaimana orang mau datang berkunjung ke HST.

Terutama soal penyampaian tentang bagaimana destinasi pariwisata di HST. Tdak hanya mengenalkan, tapi juga menggali dan mengembangkan potensi wisata yang ada di HST.

“Mudah-mudahan pelatihan itu bisa meningkatkan pengetahuan teknik. Terus dilatih, diasah gali potensi selama pelatihan supaya menjadi guide yang profesional,” tutup Mansyah.

Plt Kepala Disporapar HST, M Ramadlan menyebut tujuan pelatihan pemandu wisata itu untuk meningkatkan pengetahuan. Termasuk membentuk motivasi dan kompetensi para pemandu wisata agar dapat meningkatkan profesionalisme dan kualitas pelayanan wisatawan.

“Metode pelatihannya berupa penyampaian materi, diskusi dan kerja kelompok. Penyampaian materi diisi narasumber ahli di bidangnya,” kata Ramadlan dalam laporan kegiatan Pelatihan Guide Industri Pariwisata.

Kegiatan dilaksanakan selama 3 hari. Terhitung dari 4 – 6 Oktober 2023.

Peserta pelatihan berjumlah 40 orang dari HST. Meraka berprofesi sebagai pelaku industri pariwisata di Bumi Murakata.

“Mudah-mudahan kegiatan ini berjalan dengan lancar dan sukses. Sehingga menghasilkan SDM sektor pariwisata yang profesional,” harap Ramadlan.

Dil/IB

Bagikan:

Iklan