infobanua.co.id
Beranda Banjarbaru Pengolahan Kerajinan Purun Ada di Kampung Purun Palam

Pengolahan Kerajinan Purun Ada di Kampung Purun Palam

Siswa dari Muhammadiyah Islamic Elementary School Banjarmasin mengunjungi Wisata Kuliner Kampung Purun di Kelurahan Palam, Kecamatan Cempaka, Kota Banjarbaru

Banjarbaru, infobanua.co.id – Untuk mengetahui proses serta belajar langsung pengolahan kerajinan purun, anak-anak dari Muhammadiyah Islamic Elementary School Banjarmasin mengunjungi Wisata Kuliner Kampung Purun di Kelurahan Palam, Kecamatan Cempaka, Kota Banjarbaru, Kamis (19/10/2023).

Purun, sebuah tumbuhan yang tumbuh subur di Palam, digunakan warga sekitar untuk membuat kerajinan tangan, anyaman, dan berbagai produk tradisional lainnya.

Lurah Palam, Zulhulaifah, yang menyambut langsung rombongan menyampaikan, anak-anak usia sekolah perlu banyak pembelajaran secara langsung di lapangan agar mereka lebih memahami materi pelajaran, seperti halnya kunjungan sambil belajar ke Kampung Purun.

“Dari sini para siswa dapat mengetahui bagaimana cara proses pengolahan purun,” katanya.

Para siswa diajarkan proses penumbukan purun, pewarnaan sampai dengan proses penganyaman purun, seperti kerajinan tas purun, hingga kerajinan lainnya yang banyak dijual di galeri – galeri kampung purun.

Kampung Purun menunjukkan komitmen yang kuat untuk menjaga tradisi dan mengajarkan generasi muda tentang kearifan lokal.

yus/IB

Bagikan:

Iklan