infobanua.co.id
Beranda TANAH BUMBU DKBP3 A Tanbu Gelar GDPK 5 Pilar

DKBP3 A Tanbu Gelar GDPK 5 Pilar

Kegiatan tersebut dibuka Plt.Asisten Administrasi Pembangunan,Narni.SKM, Kamis (09/11/2023)

BATULICIN, infobanua.co.id – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu melalui Dinas Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak (DKBP3A) menggelar Ekspose Akhir Penyusunan dan Pemanfaatan dokumen Grand Design Pembangunan Kependudukan(GDPK) 5 pilar.

Kegiatan tersebut dibuka Plt.Asisten Administrasi Pembangunan,Narni.SKM, Kamis (09/11/2023) di Hotel Eboni, Kelurahan Batulicin.

“Ini merupakan acuan dalam penyusunan serta pemanfaatan dokumen Grand Design Pembangunan Kependudukan 5 pilar, agar terarah, tepat sasaran, tepat waktu serta sinergis antar sector wilayah. ,”ucapnya.

“Semoga dengan momentum penting ini, kita semua terus berupaya untuk bekerja dan berdoa dalam mewujudkan keberhasilan pembangunan daerah kita.,”paparnya.

Sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 153 Tahun 2014 tentang GDPK
memberi amanat agar setiap tingkatan wilayah dapat menyusun suatu Rancangan Induk/Grand Design Pembangunan Kependudukan (RIPK/GDPK) untuk merekayasa dinamika kependudukan di daerah.

Lanjutnya, GDPK merupakan pembangunan terencana di segala bidang untuk menciptakan kondisi ideal antara perkembangan kependudukan dengan daya dukung dan daya tampung lingkungannya.

“Meski itu, diharapkan adanya penyusunan GDPK 5 pilar dan kerjasama yang dilakukan antara Pemerintah Daerah, baik masyarakat serta stakeholder terkait, dapat membantu memberikan arah kebijakan pelaksanaan selama kurun waktu tertentu secara efektif, efisien terukur, konsisten, terintegrasi, melembaga dan berkelanjutan di bidang kependudukan,”ungkapnya.

“Selain itu demi terwujudnya penduduk yang berkualitas, sebagai modal pembangunan untuk mencapai Tanah Bumbu Maju, Mandiri, dan Sejahtera. Selain itu, untuk meraih bonus Demografi Indonesia 2030.,”pungkasnya.( )

Bagikan:

Iklan