infobanua.co.id
Beranda BANJAR Pemkab Sinergi dengan Pusat Transformasikan Enam Pilar Kesehatan

Pemkab Sinergi dengan Pusat Transformasikan Enam Pilar Kesehatan

MARTAPURA – Hari Kesehatan Nasional ke-59 tahun 2023 di kabupaten Banjar diperingati dengan apel kerja gabungan Lingkungan Pemerintah Kabupaten Banjar dan petugas apel dari Dinas Kesehatan, di halaman Kantor Bupati Banjar Martapura, Senin (13/11/2023).

Bertindak selaku pembina apel, Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar HM Hilman dalam amanatnya membacakan sambutan tertulis Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Budi Gunadi Sadikin mengatakan pasca disahkannya UU Nomor 17 Tahun 2023 Tentang Kesehatan.

Dimana, pemerintah kini sedang menyusun Rencana Induk Bidang Kesehatan (RIBK) yang akan berfungsi sebagai haluan bersama dalam upaya pembangunan kesehatan di seluruh Indonesia.

“Pesan saya, RIBK harus dipacu oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam merencanakan, menganggarkan dan mengimplementasikan program kesehatan di wilayahnya,” ucapnya.

Wakil Bupati Banjar Habib Idrus Al Habsyi didampingi Sekda Banjar HM Hilman dan Kepala Dinas Kesehatan Yasna Khairina menyerahkan penghargaan dan hadiah dalam rangka Hari Kesehatan Nasional 2023.

Pemerintah pusat lanjut Hilman tidak mampu melakukanya sendiri, hanya dengan sinergi yang kuat dan kolaborasi yang erat antara pemerintah pusat, daerah dan seluruh elemen masyarakat.

Enam pilar transformasi kesehatan bisa ditegakkan untuk perubahan yang lebih baik.

“Pilar pertama, transformasi layanan primer, dari fokus mengobati menjadi mencegah, kedua transformasi layanan rujukan dari akses layanan kesehatan susah menjadi mudah, ketiga transformasi sistem ketahanan kesehatan, keempat transformasi pembiayaan kesehatan, kelima transformasi SDM Kesehatan dan pilar ke enam transformasi teknologi kesehatan,” tambahnya. rel/hms

 

Bagikan:

Iklan