infobanua.co.id
Beranda Kotawaringin Timur Bus Damri Tahun 2024 Akan Beroperasi Layani Sampit-Ujung Pandaran

Bus Damri Tahun 2024 Akan Beroperasi Layani Sampit-Ujung Pandaran

Tim Survey dari Direktorat Angkutan Jalan Kementerian Perhubungan RI dan BPTD Kelas II Kalimantan Tengah yang berkunjung ke Kota Sampit.(Ist/brt).

Sampit, infobanua.co.id – Dinas Perhubungan Kabupaten Kotawaringin Timur, Selasa (28-11-2023), Melaksanakan Kegiatan Pendampingan Tim Survey, dari Direktorat Angkutan Jalan Kementerian Perhubungan RI dan BPTD Kelas II Kalimantan Tengah yang berkunjung ke Kota Sampit.

Hal itu berkenaan Usulan Layanan Trayek Angkutan Perintis Bus Damri Rute Sampit – Ujung Pandaran. dimana Usulan Trayek Baru ini telah di diajukan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Kotawaringin Timur pada awal tahun 2023 yang ditujukan ke Kementerian Perhubungan RI dan pengusulan Trayek Sampit – Ujung Pandaran diharapkan dapat Mengantikan Trayek Angkutan Perintis Bus Damri Tujuan Sampit – Samuda yang akan berakhir pada akhir tahun 2023 ini.

Sedangkan untuk Layanan Angkutan Perintis Bus Damri Tujuan Sampit – Samuda sudah beroperasi hampir 5 Tahun dari tahun 2018-2023, untuk Program Angkutan Perintis selanjutnya ini adalah program Pemerintah Melalui Kemanterian Perhubungan RI dengan layanan Subsidi dengan Operator nya adalah Perum DAMRI dan tujuan dari Layanan Angkutan Perintis ini adalah untuk membuka konektivitas antar kecamatan dan ibu kota di Kabupaten/Kota.

Dalam pelaksanaannya belum ada layanan angkutan umum reguler dan diharapkan dengan adanya layanan angkutan printis ini akan menumbuhkan perekonomian dan mempermudah mobilisasi masyarkat dari kecamatan yang akan menuju ibu kota Kabupaten Khusunya kota Sampit dengan Biaya yang terjangkau/murah karena adanya subsidi dari pemerintah Pusat Melalui Kemenhub RI.

“Mudah mudahan saja trayek Bus Damri Sampit-Ujung Pandaran ini ditahun 2024 sudah dapat beroperasi.” Ujar Kadis Perhubungan Sampit, Suparmadi kepada infobanua Sampit.

Sebagai informasi juga saat ini ada 2 Trayek Angkutan Perintis di Kabupaten Kotim yakni Trayek Sampit – Samuda yang akan berakhir masa layanannya di tahun 2023 ini, dan Trayek Sampit – Parenggean yang sudah berjalan selama 3 Tahun.

kedepannya diharapkan ketika Program Angkutan Perintis ini telah berakhir akan ada Operator Angkutan Umum Reguler yang dapat melayani Angkutan umum di kab. Kotim. dan semoga dengan adanya layanan angkutan perintis ini dapat membantu masyarakat Kabupaten Kotawaringin Timur dan kedepannya permerintah Kabupaten Kotim akan mengusulkan kembali rute trayek baru dikecamatan yang belum ada layanan angkutan umumnya.

Zainal.

Bagikan:

Iklan