infobanua.co.id
Beranda TAPIN Kebersamaan Pemerintah dan Rakyat di Peringatan Hari Jadi Kabupaten Tapin ke-58

Kebersamaan Pemerintah dan Rakyat di Peringatan Hari Jadi Kabupaten Tapin ke-58

Peringatan hari jadi Kabupaten Tapin ke 58 ditandai dengan pemotongan nasi tumpeng oleh Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor untuk diberikan kepada Pj Bupati Tapin M Syarifuddin dan Ketua PKK Prov Kalsel Hj Raudatul Jannah memberikan nasi tumpeng kepada Pj Ketua PKK Tapin Masrupah.

Rantau, infobanua.co.id – Peringatan Hari Jadi Kabupaten Tapin ke 58, disuguhkan kepada para tamu dan undangan, berbagai macam keberhasilan pembangunan Kabupaten Tapin dalam kurun waktu 1 tahun terakhir, di Kepemimpinan Penjabat Bupati Tapin Muhammad Syarifuddin. Berlangsung di Halaman Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Tapin, Rabu (30/11/2023) kemarin.

Turut hadir Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor, Ketua PKK Prov Kalsel Hj Raudatul Jannah, Anggota DPR RI Perwakilan Kalsel Bambang Heri Purnama, Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Se Kalimantan Selatan, Anggota DPRD Prov Kalsel Perwakilan Tapin, Mantan Bupati dan Mantan Wakil Bupati Tapin, Tokoh Masyarakat Binuang HM Hatta bersama keluarga, Pj Ketua PKK Tapin Masrupah Forkompinda Kabupaten Tapin.

Acara dimulai dengan penandatangan prasasti pembangunan fisik, penyerahan bantuan beasiswa, perjanjian kerjasama dengan perusahaan, kemudian pembancaan ayat suci Al Quran, Menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Masr Bergerak dan Marts Tapin dan doa bersama serta penayangan slide sejarah singkat Kabupaten Tapin dan pembangunan sampai sekarang.

Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor dalam sambutannya menyampaikan, ucapan selamat memperingati Hari Jadi ke 58 Kabupaten Tapin, kepada Penjabat Bupati Tapin, Jajaran Pemerintah Kab Tapin dan seluruh Masyarakat Tapin.

“Semoga peringatan ini, menjadi hari yang bermakna untuk kita hayati, kita renungkan dan sekaligus momentum menjaga keberlanjutan pembangunan di Kabupaten Tapin, agar lebih maju dan berkembang,“ katanya.

Menurut Paman Birin peringatan hari jadi adalah milik bersama, milik pemerintah daerah dan milik seluruh lapisan masyarakanya, karena itu hari jadi bukan hanya serimoni jajaran pemerintahan, tetapi momentum kebersamaan pemerintah dan rakyat. Berharap Pemerintah daerah Kab Tapin bisa menjadi contoh dalam percepatan pembenahan diberbagai sektor pembangunan yang relevan dengan kebutuhan daerah kita sebagai gerbang IKN dan penyangga pangan nasional.

“Keberhasilan Tapin saat ini yang berusia 58 kiranya bisa dipertahankan dan terus ditingkatkan, antara lain dengan menggali lebih maksimal lagi potensi-potensi yang ada di Kab Tapin,“ Pesan Paman Birin.

Sebagai contoh pengembangan bawang merah, cabai dan padi yang menjadi unggulan Tapin hendaknya terus di optimalkan dan digali lebih luas lagi, disi lain kita juga harus memperhatikan agar oreintasi pembangunan hendaknya diwujudkan dalam keseimbangan dan keterpaduan antara pembangunan fisik, SDM dan kesehatan termasuk dampak pembangunan terhadap lingkungan.

Oleh karena itu melalui peringatan ini, sebagai momentum untuk merefleksikan, mengevaluasi dan sekaligus mengukur sasaran-sasaran pembangunan yang sudah maupun yang belum tercapai, dan agenda pembangunan selanjutnya untuk mendukung kebijakan pembangunan nasional di era pemerintahan sekarang ini.

“Mudah-mudahan dengan peringatan ini Kabupaten Tapin akan bisa berbuat sesuatu yang lebih baik, untuk pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat secara berkesinambungan dan berkelanjutan,“ tutupnya mengakhiri sambutan.

Penjabat Bupati Tapin Muhammad Syarifuddin dalam sambutannya atas nama Pemerintah Kabupaten Tapin mengucapkan selamat datang kepada Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor berkenan hadir meluangkan waktu untuk bersama sama merayakan peringatan Hari Jadi Tapin yang ke 58 tahun 2023 bersama masyarakat dan jajaran Pemerintah Kab Tapin.

Izinkan kami menyampaikan bahwa dalam kurun waktu 1 (satu) tahun terakhir ini, terjadi peningkatan beberapa aspek kearah lebih baik. Hasil Survey Status Gizi Indonesia (SSGI) tahun 2022 yang diumumkan di bulan Januari tahun 2023 menunjukkan adanya penurunan stunting sebesar 19 persen dari 33,5 persen di tahun sebelumnya.

“Ini berarti angka penurunan stunting di Tapin menjadi 14,5 persen, hal inilah yang menjadikan Tapin memperoleh penghargaan atas kontribusi percepatan penurunan stunting tahun 2023 dari pemerintah pusat,“ katanya.

Selanjutnya di tahun ini, Kabupaten Tapin juga telah menjadi Kabupaten Universal Health Coverage (UHC) dengan pencapaian 96,16persen. Insya allah mudah-mudahan akan mencapai target 98 persen ditahun depan.

Selain itu juga dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik, pemerintah daerah juga telah membangun mini mal pilot projek di Kecamatan Binuang dan Candi Laras Utara.

“Di tahun ini perkembangan pembangunan di Tapin terus kami tingkatkan, tentunya dengan koordinasi dan konsolidasi dengan berbagai pihak agar perkembangan dan pembangunan serta penataan Kabupaten Tapin khususnya wilayah pusat kota selalu terarah dan sistematis,“ katanya.

Berharap Gubernur Kalimantan selatan terus diberikan untuk menunjang kemajuan di Kabupaten Tapin seiring dengan visi dan misi Gubernur dan Wakil Gubernur agar menjadikan Kalimantan Selatan maju, yakni makmur, sejahtera dan berkelanjutan.

Puncak peringatan hari jadi Kabupaten Tapin ke 58 ditandai dengan pemotongan nasi tumpeng oleh Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor untuk diberikan kepada Pj Bupati Tapin M Syarifuddin dan Ketua PKK Prov Kalsel Hj Raudatul Jannah memberikan nasi tumpeng kepada Pj Ketua PKK Tapin Masrupah.

Dil/IB

Bagikan:

Iklan