infobanua.co.id
Beranda TANAH BUMBU Bupati Tanbu Buka Sosialisasi, Bimtek JEMPOL MANIS

Bupati Tanbu Buka Sosialisasi, Bimtek JEMPOL MANIS

Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu melalui Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) setempat melakukan sosialisasi dan bimbingan teknis (Bimtek) Jempol Manis terkait penerbitan izin NIB melalui OSS RBA. Rabu (13/12/2023)

BATULICIN, infobanua.co.id – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu melalui Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) setempat melakukan sosialisasi dan bimbingan teknis (Bimtek) Jempol Manis terkait penerbitan izin NIB melalui OSS RBA. Rabu (13/12/2023) Pandopo Serambi Madinah.Kawasan Kantor Bupati.

Sosialisasi dibuka Bupati Tanah Bumbu melalui Asisten Bidang Administrasi Pembangunan Hj.Narni.SKM, diikuti unsur aparatur kecamatan yang membidangi pelayanan masyarakat serta pelaku usaha ditiap Kecamatan.

Bupati Tanah Bumbu menyambut baik atas dilaksanakannya kegiatan ini, dimana kegiatan sosialisasi tersebut sangat penting dan strategis dilakukan dalam rangka menciptakan peningkatan pelayanan publik yang akuntabel, akses yang lebih luas, cepat, mudah, aman dan nyaman kepada masyarakat.

Bupati pun mengapresiasi atas laporan pihak DPMPTSP Tanbu bahwa untuk hasil kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik DPMPTSP dari tahun ke tahun, selalu mendapat predikat baik,dengan rincian Tahun 2020 nilai 87,47, Tahun 2021 nilai 87,66, dan Tahun 2022 nilai 87,56. Ada penurunan di Tahun 2022.

“Karena proses peralihan sistem dari manual ke digital online, yang mana penerapan OSS RBAdan Myperizinan masih banyak pengembangan, serta proses sosialisasi ke masyarakat belum menyeluruh. ,”tandasnya.

Berdasarkan hasil survei kepuasan masyarakat yang menurun di tahun 2022, maka perlu adanya inovasi atau peningkatan layanan di Tahun 2023, sehingga dilaksanakanlah kegiatan aksi perubahan oleh Kepala Bidang Perizinan dan Non Perizinan berupa Jempol Manis, atau Jemput Bola Pemberian NIB ke Kecamatan dan Desa.

“Oleh karena itu, saya berharap kepada kita semua untuk mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh, sehingga dapat membangun masa depan yang lebih cerah bagi daerah, terutama dalam menggapai cita-cita bersama, guna mendukung penuh terwujudnya Tanah Bumbu Bersujud Menuju Serambi Madinah.” “tutupnya.

Dikesempatan itu Kepala Bidang Perijinan Yurianah.SE.MM menyampaikan , program jempol manis merupakan aksi perubahan 2023 ,yakni sebuah inovasi untuk mempermudah pelayanan perijinan kepada masyarakat dengan pola jemput bola untuk pemberian NIB atau Nomor Induk berusaha ketiap Kecamatan.

NIB adalah bentuk legalitas perizinan berusaha untuk pelaku usaha yang diteribitkan melalui website OSS rba. Ini bisa diakses dimanapun dan kapanpun .

Dengan memiliki NIB pelaku usaha sudah dapat menjalankan usahanya berdasarkan tingkat resiko . NIB berfungsi sebagai identitas legalitas izin usaha , sebagai bukti pengenal impor/ ekspor .

“Sebagai contoh, UMKM yang akan mendaftarkan ke e katalog cukup dengan syarat bukti NIB sudah bisa mendaftarkan usahanya di e katalog , atau UMKM yang ingin bermitra dengan perusahaan besar didaerah nya, tentunya bukti izin NIB merupakan syarat mutlak yang akan diminta .,”jelasnya.

Sementara itu kegiatan dihadiri kepala DPMPTSP Kab.Tanah Bumbu Andrianto Wicaksono, (Ewin)

Bagikan:

Iklan