infobanua.co.id
Beranda Daerah Forkofimda dan Parpol Kota Depok Deklarasi Pemilu Damai 2024, Harmoni Depokku

Forkofimda dan Parpol Kota Depok Deklarasi Pemilu Damai 2024, Harmoni Depokku

Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan Partai Politik (Parpol) melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Depok, Deklarasikan Pemilu Damai 2024

Depok, infobanua.co.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan Partai Politik (Parpol) melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Depok, Deklarasikan Pemilu Damai 2024 dengan tema “Harmoni Depokku” bertempat di Hotel Savero, Rabu (13/12/23).

Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan para partai politik (parpol) di Kota Depok menyerukan sejumlah poin saat Deklarasi Pemilu Damai dengan tema Harmoni. usai menyerukan komitmen menjaga kondusivitas daerah selama Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Forkopimda Depok dan perwakilan parpol tersebut, melakukan penandatanganan bersama.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Depok, Linda Ratnanurdiany mengatakan, pemilu damai harus menjadi komitmen bersama dari seluruh peserta dan penyelenggara pemilu beserta masyarakat untuk menciptakan proses pemilu yang damai, dan tertib hukum.

“Pemilu damai adalah upaya sadar menciptakan suasana harmoni di Kota Depok yang kita cintai, makna harmoni dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara adalah suatu kondisi di mana individu atau kelompok hidup sejalan dan serasi, saling menghormati dan menghargai perbedaan, serta menjaga kerukunan dan kesejahteraan bersama tanpa adanya konflik,” jelas Linda di sela sela acara.

Pemerintah wajib memberikan bantuan dan memfasilitasi sesuai dengan ketentuan undang-undang.
Bantuan dan fasilitasi dimaksud antara lain bantuan personel, sarana-prasarana, pembiayaan, sosialisasi pelaksanaan terhadap peraturan perundang-undangan pemilu. melaksanakan pendidikan politik bagi pemilih untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilih.

Antara lain, dengan melaksanakan pendidikan politik bagi pemilih pemula dan pendidikan politik bagi organisasi masyarakat (ormas), serta penguatan peran politik bagi tokoh dan elemen masyarakat di kecamatan dan kota.

“Bentuk dukungan yang tidak kalah penting adalah mengawal pemilu agar diselenggarakan dengan sukses, aman, tertib dan damai, sehingga dapat mencerminkan kualitas atau kemampuan peradaban demokrasi elektoral Indonesia,” jelas Lienda.

Isi Deklarasi Pemilu Damai 2024, Harmoni Depokku:

1. Kami berkomitmen menyukseskan penyelenggaraan Pemilu tahun 2024 yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil

2. Kami berkomitmen mewujudkan situasi yang kondusif, aman dan damai untuk menyukseskan Pemilu 2024 yang berkualitas dan berintegritas

3. Kami berkomitmen melawan segala bentuk perbuatan yang dapat menimbulkan kegaduhan politik dan memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa

Sementara di tempat yang sama, Wali Kota Depok, Mohammad Idris berharap para peserta pemilu dapat mengedepankan gagasan, visi dan misi, serta memperjuangkan aspirasi rakyat

Acara Deklarasi Pemilu Damai, di hadiri oleh, Wali Kota Depok, Mohammad Idris, Kapolres Metro Depok, Kombes Pol Ahmad Fuady. Dandim 0508/Depok, Kolonel Infanteri (Inf) Totok Prio Kismanto, Pimpinan Kejaksaan Negeri Kota Depok, Pimpinan Pengadilan Negeri Kota Depok dan Pimpinan Pengadilan Agama Kota Depok dan para peserta Partai Politik (Parpol) Kota Depok. (Wahyu)

Bagikan:

Iklan