infobanua.co.id
Beranda Kotawaringin Timur FKUB Kabupaten Seruyan Stady Banding Sekaligus Siraturahmi Dengan FKUB di Kotim

FKUB Kabupaten Seruyan Stady Banding Sekaligus Siraturahmi Dengan FKUB di Kotim

Kegiatan kunjungan FKUB Kab Seruyan di Kotim.(nal/brt).

Sampit, infobanua.co.id – Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Seruyan yang di pimpin oleh Ketuanya Argiansyah didampingi oleh anggotanya mendatangi kantor FKUB Kabupaten Kotawaringin Timur yang diterima langsung oleh ketua FKUB Kotim, Mudlofar serta di dampingi Lurah MB Hulu, Abdul Kadir dengan penuh kehangatan dan keakraban, Minggu ( 24-12-2023).

Dalam pertemuan tersebut ketua FKUB Seruyan, Argiansyah memaparkan maksud kedatangan mereka di Kabupaten Kotim. Ia juga menyampaikan mereka ingin lebih banyak belajar tentang kerukunan antar umat beragama yang ada di Kotim.

Sebab menurut mereka di Kotim ini ada enam agama serta enam tempat ibadah selalu hidup berdampingan, namun walaupun demikian di Kotim ini khusus tidak ada membedakan agama selalu hidup damai, tentram dan saling menghormati.

Argiansyah juga diketahui mantan anggota DPRD Seruyan dan pernah menduduki di Komisi I, pernah menjadi direktur PDAM Seruyan dan terakhir menduduki jabatan di DPRD Seruyan di Komisi II yang membidangi 10 instansi mengatakan sebelum berada di Kotim, mereka juga telah menyinggahi Provinsi dan Kabupaten (desa) yang mana yang yang paling banyak beragam agama terdapat di Kabupaten Kotim ada enam agama.

“Kami disini ingin belajar kiat kiat apa saja yang telah diterapkan di Kotim (FKUB) dan bagaimana soal pendanaan nya disini,” ucap Argiansyah kepada ketua FKUB Kotim.

Menurut ketua FKUB Kotim, Mudlofar hal ini dikarenakan di Kotim sejak dulu sebelum diantara agama yang masuk disahkan dalam peraturan atau pun Undang undang di Indonesia, di Kotim kehidupan umat beragama sudah saling berdampingan dan saling menghormati.

“Maka nya tempat ibadah dari enam agama di Kotim semua ada, disini juga mereka saling menghormati kalau ada kegiatan keagamaan,”jelasnya.

Terkait dana kegiatan keagamaan di Kotim, sebelumnya dibidangi oleh bagian Kesra namun untuk sekarang ini di Kotim ditangani oleh Kesbangpol Kotim, namun juga ini tidak menutup kemungkinan ada dari pihak lain yang membantu bila ada setiap kegiatan keagamaan.

Lurah MB Hulu, Abdul Kadir yang ikut mendampingi ketua FKUB Kotim menyampaikan terima kasihnya kepada seluruh rombongan FKUB Kabupaten Seruyan yang mana kedatangan mereka ini suatu kehormatan mampir di wilayahnya selain stady banding ini juga merupakan siraturahmi sebagaimana yang telah dianjurkan oleh ajaran agama islam dimuka bumi ini.

“Beginilah keadaan Kotim khususnya di Kelurahan MB Hulu dan kebetulan disini semua tempat ibadah 6 agama masuk di kelurahan MB Hulu kecamatan MB Ketapang,”terang Abdul Kadir.

Diakhir penutup kegaiatan tersebut ketua FKUB Kabupoaten Seruyan meminta kepada FKUB Kotim untuk bisa datang kembali di Kabupaten Seruyan sebagai balasan kunjungan.

Zainal.

Bagikan:

Iklan