infobanua.co.id
Beranda BANJARMASIN Pemko Banjarmasin Hidupkan Lagi Wisata Pasar Terapung Kuin

Pemko Banjarmasin Hidupkan Lagi Wisata Pasar Terapung Kuin

BANJARMASIN – Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin berencana menghidupkan kembali wisata Pasar Terapung Kuin, di Kelurahan Kuin Utara, Kecamatan Banjarmasin Utara. Akan tetapi, sebelum menghidupkan wisata itu, Dinas Kebudayaan, Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disbuporapar) Kota Banjarmasin bakal lebih dahulu memprioritaskan pengelolaan wisata religi di Makam Sultan Suriansyah. Mengingat, Pasar Terapung Kuin yang dahulunya berada di kawasan dermaga penyeberangan Alalak, sekarang telah beralih ke lokasi Siring depan Makam Sultan Suriansyah.

“Jadi kita prioritaskan pertama adalah pengelolaan Makam Sultan Suriansyah yang sudah kita rapatkan. Baru bergeser ke rencana lain,” ungkap Kepala Disbuporapar Kota Banjarmasin, Puryani Sabtu (13/1/2024).

Tak hanya itu, pihaknya bakal memberdayakan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kembang Barenteng di wisata religi tersebut. Rencana menghidupkan Pasar Terapung Kuin kata dia, tentunya memerlukan persiapan yang matang agar tidak mati suri lagi.

Lantas, jajarannya akan melaksanakan rapat lagi mengenai konsep Pasar Terapung Kuin itu ke depan akan seperti apa. “Kita tidak ingin pelaksanannya tergesa-gesa tapi akhirnya mati suri di tengah jalan,” pungkasnya.

Kendati demikian, untuk menunjang dan mendukung destinasi wisata di kawasan Kuin itu pihaknya bakal menambahkan kapal wisata. “Yang jelas akan kami siapkan itu,” tutup Puryani. Menurutnya, sudah seharusnya pengembangan objek wisata di kawasan Desa Wisata Kuin Utara dilakukan secara optimal, mengingat Desa Wisata Kuin Utara berhasil meraih penghargaan Juara Harapan I Kategori Desa Wisata Maju dalam Penilaian Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2023 lalu.

rel/hms

Bagikan:

Iklan