infobanua.co.id
Beranda HULU SUNGAI SELATAN Tingkatkan Angka Belanja Produk Dalam Negeri, Sekda HSS Pimpin Rapat Koordinasi TKDN

Tingkatkan Angka Belanja Produk Dalam Negeri, Sekda HSS Pimpin Rapat Koordinasi TKDN

Sekretaris Daerah Kabupaten Hulu Sungai Selatan Drs H Muhammad Noor, MAP terima kunjungan kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kab HSS Agung Setiawan Prasetya

Kandangan, infobanua.co.id – Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) terus berupaya meningkatkan angka belanja produk dalam negeri, tentunya hal tersebut dilakukan dengan berbagai macam cara yang bertujuan sebagai bentuk realisasi Menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia.

Mendukung hal tersebut, Pemerintah Kabupaten HSS melaksanakan rapat koordinasi dalam rangka tindak lanjut instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2022 tentang Percepatan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri dan Produk Usaha Mikro, Usaha Kecil, dan Koperasi, serta surat dari Sekretaris Daerah Kabupaten HSS Nomor 500/3/EKOBANG/2024 Tanggal 12 Januari 2024, perihal tentang Data Usulan Target TKDN dan e-purchasing Tahun Anggaran 2024.

Rapat dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten HSS Drs. H. Muhammad Noor, M.AP, didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten HSS Drs. Efran, M.AP, dan Kepala Bagian Ekobang Sekretariat Daerah Kabupaten HSS Ika Wahyudi, MM, serta diikuti oleh seluruh kepala Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Kabupaten HSS, bertempat di Aula Rakat Mufakat. Rabu (07/02/2024).

Dalam kesempatan tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten HSS memapaparkan terkait arahan Presiden Republik Indonesia, yang diberikan kepada Kepala Daerah terkait langkah upaya meningkatkan sosialisasi Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) dan Produk Usaha Mikro, Usaha Kecil, dan Koperasi kepada seluruh pemangku kepentingan agar memanfaatkan Katalog Elektronik Lokal.

Selain itu, pemerintah juga diminta untuk mengoptimalkan jumlah etalase, jumlah produk tayang, dan jumlah Usaha Mikro, Usaha Kecil, dan Koperasi sebagai penyedia dalam Katalog Elektronik Lokal dengan menayangkan seluruh kebutuhan barang dan jasa di perangkat daerah.

Selanjutnya, Sekretaris Daerah Kabupaten HSS juga menyampaikan bahwa sesuai instruksi Presiden Republik Indonesia, untuk mengutamakan penggunaan Produk Dalam Negeri dan produk Usaha Mikro, Usaha Kecil, dan Koperasi sejak tahap perencanaan, persiapan pengadaan, persiapan pemilihan, dan pelaksanaan kontrak, serta Mendorong pelaku Usaha Mikro, Usaha Kecil, dan Koperasi menayangkan kebutuhan barang dan jasa ke dalam Katalog Elektronik.

“Tentunya kita berharap dengan terlaksananya rapat koordinasi hari ini, mampu memaksimalkan upaya kita dalam mencapai target TKDN dan e-purchasing Tahun Anggaran 2024”, harapnya.

Dil/IB

Bagikan:

Iklan