infobanua.co.id
Beranda Banjarbaru Festival Hari Bahasa Ibu Internasional Momentum Lestarikan Bahasa Daerah

Festival Hari Bahasa Ibu Internasional Momentum Lestarikan Bahasa Daerah

Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjarbaru Dedi Sutoyo dan Plh Kepala Balai Bahasa Provinsi Kalsel Hj Siti Alfa Ariestya

Banjarbaru, infobanua.co.id – Festival Hari Bahasa Ibu Internasional 2024  digelar Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Selatan (BBPKS). Kegiatan dilombakan festival tersebut meliputi lomba Bakisah Berbahasa Banjar bagi siswa siswi tingkat SMP dan lomba Komedi Tunggal Berbahasa Banjar untuk tingkat SD sederajat se-Kalimantan Selatan, Kamis (22/02/2024).

Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjarbaru Dedi Sutoyo mengatakan, menyambut baik festival karena sesuai tagline penyelenggara yakni mengutamakan bahasa Indonesia, melestarikan bahasa daerah dan menguasai bahasa asing.

Dikatakan Dedi, tantangan di era perkembangan zaman saat ini memang harus dipicu kembali agar anak penerus bangsa dapat mengembangkan dan menguasai 3 bahasa tersebut yakni bahasa indonesia, daerah dan asing.

“Bila hal ini benar-benar kita lakukan insyaallah kita menjadi bangsa yang lebih kompetitif dengan bangsa lain,” tuturnya.

Dedi mengajak, bersama-sama memahami bagaimana globalisasi ini berjalan dan menyesuaikan diri dengan kondisi .

Sementara Plh Kepala Balai Bahasa Provinsi Kalsel Hj Siti Alfa Ariestya meyampaikan, lomba tersebut digelar sebagai tindak lanjut memperingati Festival Hari Bahasa Ibu Internasional yang jatuh setiap 21 Februari.

Titi menyebut salah satu cara Balai Bahasa untuk tetap menggalakkan Bahasa Banjar adalah dengan menerbitkan buku Bahasa Banjar. Seluruh masyarakat Kalimantan Selatan untuk mengakses buku tersebut melalui laman balaibahasakalsel.kemdikbud.go.id agar dapat melestarikan bahasa daerah yakni Bahasa Banjar.

“Kita punya buku cerita anak dengan tingkatan level berbeda-beda yang bisa digunakan sebagai salah satu bahan untuk pembelajaran muatan lokal, buku itu diterbitkan dalam 2 hingga 4 bahasa,” katanya.

Yus/IB

Bagikan:

Iklan