Categories: Daerah

Korupsi Proyek Bandung Smart City Kembali Seret Tersangka Baru, Sekda dan 4 Anggota DPRD Kota Bandung

infobanua.co.id, JAKARTA – Kasus Korupsi proyek pengadaan CCTV dan internet service provider pada program Bandung Smart City kembali menyeret nama-nama baru sebagai tersangka.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan tersangka baru dalam kasus ini diantaranya Sekda Bandung Ema Sumarna.Berdasarkan informasi yang didapat Ema Sumarna ditetapkan sebagai tersangka tidak sendiri karena ada empat anggota DPRD Kota Bandung yang juga ditetapkan sebagai tersangka.

Empat anggota DPRD Kota Bandung tersebut yakni :
Riantono, Ahmad Nugraha, Ferry Cahyadi dan Yudi Cahyadi.

Kendati KPK belum mengumumkan identitas dan konstruksi perkara ini. Namun KPK menyebut penetapan tersangka ini merupakan pengembangan dari kasus korupsi Bandung Smart City yang telah diusut sebelumnya.

“Kami mau mengonfirmasi bahwa itu betul ada pengembangan perkara di sana dan sudah pada proses penyidikan. Beberapa pihak sudah ditetapkan sebagai tersangka, baik dari pihak eksekutif, Pemerintah Kota Bandung, maupun dari pihak legislatif DPRD,” kata Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri kepada wartawan, Rabu (13/3/2024).

Sekedar informasi sebelumnya, KPK sudah lebih dulu menetapkan enam orang sebagai tersangka terkait suap pengadaan CCTV dan jasa penyedia internet di wilayah Bandung dalam program Bandung Smart City. diantaranya adalah Walkot Bandung Yana Mulyana.,Kadishub Kota Bandung, Dadang Darmawan, Sekretaris Dishub Kota Bandung, Khairur Rijal.

Dan Tiga petinggi Perusahaan penyedia jasa proyek pengadaan CCTV dan internet service provider program Bandung Smart City tersebut,yakni : Benny (BN), Direktur PT Sarana Mitra Adiguna (SMA), Sony Setiadi (SS), CEO PT itra Jelajah Informatika (CIFO),dan Andreas Guntoro (AG), Manajer PT Sarana Mitra Adiguna (SMA)

Mereka telah dihukum. Yana Mulyana divonis 4 tahun penjara dan hak politiknya dicabut selama 2 tahun. Berikutnya, Dadang Darmawan divonis 4 tahun penjara dan Khairur Rijal divonis 5 tahun penjara.

 

Hasbi (Abie)

infobanua

Recent Posts

Kabupaten Banjar Raih Penghargaan Wahana Tata Nugraha 2024, Bukti Kesuksesan Penataan Transportasi

Jakarta, infobanua.co.id – Pemerintah Kabupaten Banjar berhasil meraih penghargaan tingkat nasional berupa Wahana Tata Nugraha…

7 jam ago

Lima Presidium KAI Kalsel Resmi Dilantik, Siap Angkat Kembali Marwah Organisasi

Banjarmasin, infobanua.co.id – Setelah melalui proses panjang dan intensif, Konferensi Daerah Luar Biasa Kongres Advokat…

7 jam ago

Wali Kota Banjarbaru Raih Tiga Penghargaan Nasional dalam Sepekan, Terbaru Wahana Tata Nugraha 2024

BANJARBARU, infobanua.co.id – Dalam kurun waktu tiga hari berturut-turut, Wali Kota Banjarbaru, Muhammad Aditya Mufti…

8 jam ago

Bapaslon Mudyat-WIN Silatuhrami di Desa Giriumukti

PENAJAM, Infobanuo.co.id - Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Penajam Paser Utara…

12 jam ago

Sekda Nunukan Resmi Buka Kegiatan Advokasi Kebijakan Pengarusutamaan Gender (PUG)

NUNUKAN, infobanua.co.id – Pemerintah Kabupaten Nunukan kembali menunjukkan komitmen seriusnya dalam mempercepat pengarusutamaan gender. Senin…

12 jam ago

DPRD Kotim Dukung Pasar Murah di Gelar Rutin

Sampit, infobanua.co.id – Ketua DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur sementara, Rinie mendukung penuh jika Pemerintah Kabupaten…

13 jam ago