infobanua.co.id
Beranda KOTABARU DPRD Kotabaru Sambut baik Aksi Demo damai Aliansi Kawal Kompensasi Tambang Pulau laut (AK2TPL).

DPRD Kotabaru Sambut baik Aksi Demo damai Aliansi Kawal Kompensasi Tambang Pulau laut (AK2TPL).

Aksi Demo damai yang di laksanakan Aliansi kawal kompensasi Tambang Pulau Laut (AK2TPL) Aktivis Kotabaru di depan gedung DPRD Kotabaru di sambut baik oleh DPRD Kabupaten Kotabaru

KOTABARU, infobanua.co.id – Aksi Demo damai yang di laksanakan Aliansi kawal kompensasi Tambang Pulau Laut (AK2TPL) Aktivis Kotabaru di depan gedung DPRD Kotabaru di sambut baik oleh DPRD Kabupaten Kotabaru, Senin (18/3/2024).

Aksi tersebut disampaikan oleh ketua Aliansi kawal kompensasi tambang pulau laut, (AK2TPL) Kotabaru Rohmat Iswanto didampingi kordinator aksi I Gede Suarsa serta rekan rekan aksi lainnya di halaman gedung DPRD Kotabaru.

Dalam Aksi Demo itu mereka menuntutan kondisi carut marutnya pelaksanaan realisasi dana kompensasi 700 miliar yang digelontorkan oleh PT SCG kepada pemerintah daerah.

Mereka menuntut kepada DPRD agar tugas fungsi yang menagani kompensasi betul-betul di jalankan dengan transparan serta profesional.

Dalam tuntutan mereka menyuarakan, PT Sebuku Coal Grup (SCG) sudah menjalankan kewajibannya sebagai perusahaan untuk memberikan dana kompensasi Rp 700 Miliar sebagaimana yang sudah termasuk dalam mou atau iup antara PT SCG dengan pemerintah daerah.

“Namun yang kita lihat sekarang faktanya pemerintah menutup mata seoloh olah tidak serius menjalankan program dana kompensasi ini, ungkap mereka.

Padahal dalam hal ini jelas-jelas pemda terbantu sekali dengan adanya dana kompensasi yang dibayarkan oleh PT SCG dalam bentuk infrastruktur tanpa menggangu menyentuh sedikit pun dana APBD kabupaten Kotabaru.

Belum lagi ditambah tidak transparannya dana kompensasi yang sudah terlialisasi dalam bentuk 16 bangunan infrastruktur yang sudah direlisasikan.

Kami menduga jangan-jangan ada indikasi penyalahgunaan dana kompensasi tersebut oleh oknum yang tidak bertanggungjawab, uncap AK2TPL .

Tiga tuntutan mereka yakni tidak percaya kepada Panitia penyusun anggaran dan realisasi dana kompensasi. Poin kedua, Segera dibubarkan panitia penyusun anggaran terlialisasi dana kompensasi.

Terakhir, dana kompensasi harus di realisasikan sesuai dengan MoU/IUP dengan memakai mengedepankan skala prioritas bukan merealisasikan karena kepentingan oknum panitia penyusunan anggaran dan realisasi dana kompensasi.

Mengetahui Demo yang di suarakan dengan lantang oleh AK2TPLKetua DPRD Syairi Mukhlis di dampingi wakil Ketua II M.Arif serta Anggota DPRD Mutakim turun menemui para pendemo tersebut.

Kemudian tuntutan tersebut diterima secara langsung oleh ketua DPRD Kotabaru Syairi Mukhlis didampingi Wakil ketua DPRD M Arif dan anggota DPRD Mustakim.

” Insya allah akan kami sampaikan secepatnya,dan nanti DPRD akan mengundang semua bagi yang berkepntingan dalam dana kompensasi tersebut,” ucapnya.

Kemudian setelah menerima aksi damai ketua DPRD Kotabaru Syairi Mukhlis menandatangani tuntutan yang disampaikan oleh AK2TPL disaksikan wakil ketua DPRD M Arif dan anggota DPRD kotabaru Mustakim.

Nampak terpantau oleh awak media pada saat aksi demo damai tersebut, Kapolres Kotabaru beserta jajarannya dan juga Dandim 1004 Kotabaru bersama anggotanya. (JL).

Bagikan:

Iklan