infobanua.co.id
Beranda KALTENG Bandara Tjilik Riwut Siap Layani Arus Mudik dan Siapkan Posko Mudik Lebaran

Bandara Tjilik Riwut Siap Layani Arus Mudik dan Siapkan Posko Mudik Lebaran

Palangka Raya – Menghadapi arus mudik Lebaran tahun 2024, Bandar Udara Tjilik Riwut Palangka Raya mulai melakukan berbagai persiapan. Posko mudik lebaran pun akan mulai didirikan.

Hal ini disampaikan langsung oleh Eksekutif General Manager (EGM) AP (Angkasa Pura) II Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya, Ardha Wulanigara, kepada awak media Infobanua.co.id, Jumat (22/3/2024) siang, di selasar terminal Bandara.

Posko gabungan arus mudik Lebaran 2024 bersama stakeholder terkait TNI-Polri akan dibuka pada tanggal 3-18 April 2024. Untuk puncak arus mudik diperkirakan akan terjadi pada H-5 sebelum lebaran dan puncak arus balik pada H + 4 setelah lebaran.

Ardha menyampaikan, untuk mengantisipasi lonjakan penumpang di arus mudik mendatang, pihaknya akan menambah ekstra flight dari maskapai Batik Air dengan tujuan Jakarta yang rencananya akan aktif pada tgl 1-22 April 2024.

Lebih lanjut disampaikannya, pada tahun 2023 yang lalu, Bandara Tjilik Riwut telah melayani penerbangan dengan jumlah penumpang rata rata sebanyak 1.400-1.600 penumpang. Pihaknya pun telah mempersiapkan diri apabila nantinya akan ada peningkatan lonjakan penumpang yang akan melakukan penerbangan.

“ Untuk saat sekarang, karena memang saat ini masih low season dan belum memasuki puncak arus mudik penerbangan masih standar dan belum terlalu ramai.Mendekati puncaknya arus mudik, tentunya di estimasikan nantinya akan ada kenaikan sebesar 10% dari hari biasanya. Namun dibandingkan dengan tahun 2023 yang lalu, di bandara Tjilik Riwut Palangka Raya hanya mengalami kenaikan sebesar 2 % dengan 12 flight setiap harinya dengan rute Plk tujuan Jakarta-Surabaya dan Balikpapan,” tutur Ardha.

Terkait dengan sarana dan prasarana, Ardha menjelaskan bahwa Bandara Tjilik Riwut memiliki kapasitas untuk menampung sebanyak 3 juta orang per tahun. Artinya bandara Tjilik Riwut sanggup dan memadai untuk menampung penumpang sebanyak 5.000-7.000 penumpang dalam satu hari.

Lebih lanjut, menghadapi cuaca yang akhir-akhir ini sering hujan, Pihak bandara juga selalu koordinasi dengan BMKG Bandara dan pihak AirNav selaku kontrol lalu lintas udara Bandara Tjilik Riwut guna memastikan kondisi cuaca dan alam sehingga apabila ada potensi yang mengganggu penerbangan maka pihaknya akan segera berkoordinasi dengan pihak maskapai yang akan melakukan penerbangan.

Untuk maskapai yang saat ini ada dan beroperasi di Bandara Tjilik Riwut saat ini adalah Garuda, Batik Air, Lion Air, City Link dan Wings Air. Untuk fasilitas kepada calon penumpang, pihaknya telah melakukan perbaikan dan perawatan pada fasilitas umum, baik itu ruang tunggu, toilet, AC dan pelayanan penumpang serta nursery, demikian juga dengan kapasitas terminal, apron dan runway.

“ Kita berharap dengan kesiapan Bandara yang telah dipersiapkan dengan maksimal maka penerbangan akan berjalan dengan baik. Tentunya hal ini tidak lepas dari kolaborasi yang baik antara pihak Bandara,maskapai, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) serta pihak TNI- Polri yang dilakukan dengan intens,” tutur Ardha.

Pada posko Mudik nantinya akan dipersiapkan sebanyak 130 orang dari pihak Angkasa Pura dan ditambah bantuan dengan personil posko Basarnas,TNI- Polri dan Dishub dengan jumlah total keseluruhan personil sebanyak 150 orang.

Untuk jam operasional Bandara, masih maintenance sejak pukul 07.00 WIB – 17.30 WIB, namun apabila dibutuhkan ketika penerbangan terjadi delay maka pihaknya siap melakukan extended (perpanjangan waktu -Red) guna menyiapkan pelayanan dan kebutuhan bagi pelayanan penerbangan yang ada. (Tha

Bagikan:

Iklan