Categories: Daerah

Persiapan Lahan Untuk Relokasi Korban Banjir di Langgai Hampir Rampung, Ini Kata Wali Nagari

Pesisir Selatan, infobanua.co.id – Wali Nagari Gantiang Mudiak Utara Surantiah, Zulhadi mengatakan bahwa lahan untuk relokasi rumah warga yang rusak parah akibat banjir pada 7 Maret 2024 lalu hampir rampung.

“Untuk lahan relokasi rumah warga yang rusak akibat banjir sudah ada yang rampung. Terkhususnya di Kampung Langgai, “sebutanya pada wartawan Minggu (5/5/2024).

Ia menjelaskan, untuk posisi tanah relokasi di Langgai luasnya sekitar 2 hektare lebih kurang, dan dipastikan posisinya aman dari bencana longsor dan banjir.

“Kalau tanah di Langgai bisa dikatakan sudah selesai. Pastinya soal surat menyurat, dan itu sudah kita laporkan ke Camat Sutera, “jelasnya.

Ditambahkannya, untuk di Kampung Langgai total warga yang bakal direlokasi ada sekitar 54 kepala keluarga (KK). Mereka merupakan korban yang rumahnya rusak berat akibat banjir dan longsor.

Selain di Kampung Langgai, lahan relokasi juga disiapkan untuk korban di Kampung Batu Bala, di Nagari Gantiang Mudiak Utara, yang mana di Batu Bala terdapat lebih kurang ada 51 kepala keluarga (KK) yang bakal direlokasi.

Namun, sejauh ini lahan yang disiapkan untuk relokasi di Kampung Batu Bala masih dalam proses pengurusan surat menyurat dari pemilik lahan.

“Tanah untuk relokasi sudah ada, tapi masih dalam pengurusan surat dengan pemilik. Luasnya tidak jauh beda dengan yang ada di Langgai, “ujarnya.

Lanjutnya dikatakan Wali, bahwa untuk pembangunan rumah relokasi bakal dibangun oleh dermawan secara pribadi, dia merupakan salah seorang perantau.

“Informasinya rumah ini bakal dibangun oleh perantau secara pribadi. Pihak pemerintah hanya menyiapkan lahannya saja, dan itu sudah mendapatkan persepakatan antara pemerintah dan pihak yang bakal membangun, “tutupnya.

infobanua

Recent Posts

Pemkab HST Menggelar Sosialisasi Pengelolaan Sampah Berkelanjutan

Barabai, infobanua.co.id - Dalam upaya meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang pentingnya pengelolaan sampah, Pemerintah…

6 jam ago

Terus Berinovasi, Bupati Aulia Ingin Ciptakan HST yang Bersih

Barabai, infobanua.co.id - Bupati Hulu Sungai Tengah, H. Aulia Oktafiandi, bersama Wakil Bupati H. Mansyah…

6 jam ago

Hati-Hati dengan Kekuasaan

Oleh: Pribakti B *)  Sesungguhnya kekuasaan itu tidak hanya sumber kenikmatan, tetapi juga membawa tanggung…

8 jam ago

PT PHR Diduga Tampung Tanah Urug Illegal, Minta APH Tindak Tegas Perusahaan Penambangan Galian C (Tanah Urug) Illegal di Rohil

infobanua.co.id, Rokan Hilir - Setelah sempat beberapa bulan berhenti , aktivitas kegiatan penambangan Galian C…

8 jam ago

Patroli Gabungan Tindak Tegas Minyak Ilegal di Muba

Musi Banyuasin, infobanua.co.id - Sebanyak 60 personel gabungan dari Polres Muba, Kodim 0401 Muba, dan…

8 jam ago

Pejabat Kasat Polairud dan Kapolsek Kelumpang Barat Polres Kotabaru Resmi Berganti

KOTABARU, infobanua.co.id - Dengan digelarnya upacara serah terima jabatan (Sertijab) serta pengambilan sumpah dan janji…

9 jam ago