infobanua.co.id
Beranda KALTIM Penajam Paser Utara Dinas Pertanian PPU Bersama TNI-Polri Kembangkan Wilayah Ketahanan Pangan

Dinas Pertanian PPU Bersama TNI-Polri Kembangkan Wilayah Ketahanan Pangan

PENAJAM, Infobanua.co.id, — Dinas Pertanian Penajam Paser Utara (PPU) dalam waktu dekat ini akan pengembangan wilayah ketahanan pangan terkhusus pada tahapannya di beberapa daerah yang ada di Benuo taka.

Saat ini lahan pertanian yang di miliki sekitar 7.600 Hektare, kemudian daerah tersebut termasuk lahan persawahan.

“Saat ini masyarakat PPU sadar dengan adanya pemanfaatan lahan disektor pertanian,” ucap Kadis Pendidikan Andi Terasodiharto, Kamis (16/05/24).

Dinas Pertanian telah bekerja sama dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Polisi Rakyat Indonesia (Polri) untuk menggerakan lembaga pertanian yang ada di PPU, maka dari itu petani juga menyandang potensi pangan beserta potensi-potensi lainnya.

“Dari lembaga kelompok kami ada sekitaran 600 lebih kelompok pertanian dengan ini tentunya akan memiliki potensi baik,” sambungnya.

Kendati demikian, dapat terlihat dari sisi Indeks Produksi Industri (IPI) sekitar 200 IPI maka dari itu, bulan April akan segera dilaksanakan pengolahan lahan sekaligus akan kembali dilanjutkan di akhir bulan Mei.

“Mudah-mudahan nantinya penanaman dilakukan secara serempak oleh masyarakat PPU,” lanjutnya.

Sebelumnya sudah dilakukan upaya pemetikan atau pengumpulan hasil panen masyarakat, namun demikian pihaknya juga akan melakukan penghubung ke desa dan kelurahan yang ada di PPU.

“Dalam rangka untuk percepatan pengembangan ini kami juga akan bergandeng denga kelompok pertanian desa,” pungkasnya.(Adv)

Bagikan:

Iklan