infobanua.co.id
Beranda BANJAR Dinkes Dampingi Penilaian Posyandu dan Kader Berprestasi Tingkat Kalsel

Dinkes Dampingi Penilaian Posyandu dan Kader Berprestasi Tingkat Kalsel

Penilaian Posyandu dan kader posyandu berprestasi tingkat provinsi Kalsel yang dihadiri oleh Hj. Syarkaih, Kepala Seksi PPM dan KJ beserta tim dari Dinkes Provinsi Kal-Sel yang bertempat di desa Penyambaran Kecamatan Karang Intan

Martapura, infobanua.co.id – Posyandu (Pos Pelayanan Terpadu) ini merupakan wadah titik temu antara pelayanan dari petugas kesehatan dan peran serta masyarakat dalam penanggulangan masalah kesehatan masyarakat terutama dalam upaya menurunkan angka kematian bayi dan anak.

Posyandu merupakan wadah untuk mendapatkan pelayanan dasar kesehatan yang dikelola oleh masyarakat, yang penyelenggaraannya oleh kader yang telah mendapatkan pelatihan/kompetensi bidang kesehatan.

Kader posyandu merupakan cerminan peran aktif masyarakat dalam upaya optimalisasi pelayanan dasar kesehatan. Dalam pelaksanaannya kader posyandu harus mampu menjadi kepanjangan tangan petugas kesehatan untuk memandirikan masyarakat dalam status kesehatannya, oleh karenanya kader posyandu harus terus menerus mendapatkan pembinaan dan pendampingan untuk update ilmu pengetahuan, kemampuan dasar bidang kesehatan agar para kader terus dapat berkembang dan maju serta aktif dalam pencegahan stunting.

Pada Kamis (16/5/2024) dilaksanakan penilaian Posyandu dan kader posyandu berprestasi tingkat provinsi Kalsel yang dihadiri oleh Hj. Syarkaih, Kepala Seksi PPM dan KJ beserta tim dari Dinkes Provinsi Kal-Sel yang bertempat di desa Penyambaran Kecamatan Karang Intan yaitu Posyandu Datu Kamar dan Kader berprestasi atas nama Sumiatin Kader Posyandu Bersama desa Bincau, turut hadir Asisten II bidang ekonomi dan pembangunan Ikhwansyah sebagai bentuk dukungan atas posyandu dan kader posyandu berprestasi.

Syarkaih mengatakan bahwa penilaian posyandu ini sangat penting untuk dilaksanakan untuk meningkatkan daya saing dan aura kompetisi sehingga posyandu dan kader posyandu terus berupaya meningkatkan kemampuan baik kecakapan maupun keterampilan.

Kepala dinas kesehatan drg. Yasna Khairina MM, dan dr. Widya Wiri Utami selaku Kepala bidang Kesehatan Masyarakat mengemukakan bahwa pembinaan-pembinaan, validasi dan monitoring yang dilaksanakan sudah cukup maksimal dan melibatkan SKPD terkait yang tergabung dalam Pokjanal Posyandu Tingkat Kecamatan secara langsung.

Di akhir kegiatan pelaksanaan ini di harapkan penilaian posyandu dan kader posyandu ini dapat membawa manfaat dan meningkatkan prestasi Kabupaten Banjar bidang kesehatan.

Fad/IB

Bagikan:

Iklan