infobanua.co.id
Beranda HULU SUNGAI SELATAN Kobarkan Semangat Juang ALRI Divisi IV, Pj Bupati HSS Lepas Kirab Obor

Kobarkan Semangat Juang ALRI Divisi IV, Pj Bupati HSS Lepas Kirab Obor

Penjabat Bupati Hulu Sungai Selatan Drs. H. Hermansyah, MM bersama Pj Ketua TP PKK Kab. HSS Hj. Rusnawati Hermansyah menghadiri Kirab Obor dalam rangka memperingati Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan

Kandangan, infobanua.co.id – Suasana semangat juang kemerdekaan memenuhi Lapangan Lambung Mangkurat, Kandangan, saat Penjabat Bupati Hulu Sungai Selatan, Drs. H. Hermansyah, MM, dan Pj Ketua TP PKK Kabupaten HSS, Hj. Rusnawati Hermansyah, menghadiri Kirab Obor untuk memperingati Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan tahun 2024. Acara yang diselenggarakan oleh Dewan Harian Cabang Badan Pembudayaan Kejuangan (DHC 45) Kabupaten HSS ini, berlangsung pada Sabtu (18/05/2024).

Pj Bupati Hermansyah, didampingi Ketua DHC 45 HSS, Syamsuri Arsyad, S.AP, MA, dengan penuh semangat melepas Kirab Obor yang diikuti oleh seluruh tim peserta, termasuk tim Vertikal Rescue Indonesia Kalsel, pelajar, organisasi masyarakat, organisasi kepemudaan, dan pramuka.

Ribuan peserta membawa obor melintasi jalan-jalan kota Kandangan, mengikuti rute yang berkeliling kota. Setelah memulai perjalanan dari Lapangan Lambung Mangkurat, mereka melanjutkan ke Jalan A. Yani, Jalan Pemuda, Jalan Panglima Batur, Jalan Parindra, Jalan Aluh Idut, dan kembali ke Lapangan Lambung Mangkurat.

“Kami sangat bangga dengan kegiatan ini, karena hanya HSS yang memiliki peristiwa semacam ini. Sebagai daerah yang memiliki sejarah perjuangan di Kalsel, kami ingin mengingatkan generasi muda akan jasa para pejuang yang telah memerdekakan daerah kita pada tanggal 17 Mei 1949,” ungkap Pj. Bupati H. Hermansyah, didampingi Ketua DHC 45, Syamsuri Arsyad, S.AP, MA.

Setelah peserta kembali ke Lapangan Lambung Mangkurat, acara dilanjutkan dengan pembacaan teks Proklamasi ALRI oleh Pj. Bupati, penyerahan hadiah dan trofi kepada para peserta dalam beberapa kategori penilaian selama mengikuti kegiatan Jejak Juang ini. Acara ditutup dengan pembentangan bendera merah putih raksasa secara bersama-sama, yang sebelumnya telah dipasang di tebing Desa Batu Bini.

“Kami bangga dengan antusiasme para peserta, terutama dari sekolah-sekolah. Sebelumnya kami memperkirakan hanya akan ada sekitar 500 peserta, namun ternyata yang hadir lebih dari 1000 orang,” ungkap Syamsuri Arsyad, yang juga menjabat sebagai Wakil Bupati HSS periode 2018-2023.

Acara ini juga dihadiri oleh berbagai unsur, termasuk Asisten, perwakilan Lanal Banjarmasin, unsur TNI AD, beberapa Kepala OPD, Kepala Bagian Setda, para Camat, DHD 45 Kalsel, jajaran DHC 45 HSS, dan masyarakat pengunjung. Suasana semangat dan kebersamaan pun terpancar dari setiap peserta yang hadir.

Fad

Bagikan:

Iklan