infobanua.co.id
Beranda KALTENG Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi Berikan Bantuan kepada Korban Kebakaran di Desa Saka Tamiang

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi Berikan Bantuan kepada Korban Kebakaran di Desa Saka Tamiang

Penjabat (Pj) Bupati Kapuas, Erlin Hardi, melakukan peninjauan langsung ke lokasi kebakaran yang terjadi di permukiman warga Desa Saka Tamiang, Kecamatan Kapuas Barat

Kuala Kapuas, infobanua.co.id Penjabat (Pj) Bupati Kapuas, Erlin Hardi, melakukan peninjauan langsung ke lokasi kebakaran yang terjadi di permukiman warga Desa Saka Tamiang, Kecamatan Kapuas Barat, pada Kamis (20/5/2024).

Pj Bupati Erlin Hardi turut didampingi oleh Pj Ketua PKK Agustina Erlin Hardi, Kadinsos Yanmarto, Plt Kepala BPBD Fakhruransi, Kadis PUPRPKP, Kepala BPKAD, serta Plt Camat Kapuas Barat.

“Iya, hari ini saya meninjau langsung lokasi kebakaran dan sekaligus menyerahkan bantuan kepada warga yang terdampak musibah kebakaran,” ujar Erlin Hardi kepada wartawan pada Kamis (20/6/2024).

Menurut Erlin Hardi, kebakaran terjadi pada malam sebelumnya dan menghanguskan tujuh unit rumah warga.

“Pemkab Kapuas melalui dinas terkait seperti Dinas Sosial dan BPBD memberikan bantuan kepada warga terdampak. Bantuan berupa uang tunai sebesar Rp 30 juta disalurkan melalui BPBD,” tambahnya.

Erlin Hardi berharap bantuan ini dapat meringankan beban masyarakat yang terkena dampak kebakaran. Ia juga mengimbau agar masyarakat Kapuas selalu meningkatkan kehati-hatian, sementara kepada OPD terkait agar mengalokasikan peralatan pemadam kebakaran portabel khususnya di kawasan permukiman padat penduduk.

Sementara itu, Kepala Dinsos Kapuas, Yanmarto, menjelaskan bahwa bantuan awal yang diberikan meliputi makanan siap saji, karpet, kasur, matras, serta kelengkapan untuk anak-anak.

Berdasarkan data sementara dari BPBD Kapuas, kebakaran terjadi pada Rabu (19/6/2024) sekitar pukul 19.00 WIB di Jalan Lunuk Ramba I, Desa Saka Tamiang, Kecamatan Kapuas Barat. Akibatnya, lima unit rumah dan satu warung mengalami kerusakan berat, dan satu unit sepeda motor juga ikut terbakar. Korban terdampak mencakup lima kepala keluarga dengan total 16 jiwa.

Hingga saat ini, penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan oleh aparat kepolisian.

Cun/IB

Bagikan:

Iklan