infobanua.co.id
Beranda KALTENG Pemkab Sambut Baik Ranperda KLA di Setujui DPRD

Pemkab Sambut Baik Ranperda KLA di Setujui DPRD

Rapat di DPRD Kotim.(nal/brt).

Sampit, infobanua.co.id – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur menyambut baik dengan rancangan peraturan daerah kabupaten kotawaringin timur tentang penyelenggaraan kabupaten layak anak yang disambut positif oleh DPRD Kotim.

Wakil Bupati Kotim Irwaati mengatakan dirinya sangat berterima kasih kepada fraksi pdip, fraksi gerindra, fraksi pan dan fraksi partai nasdem atas apresiasinya karena telah mendukung dan menyambut baik serta memberikan persetujuan atas pengajuan rancangan peraturan daerah tentang penyelenggaraan kabupaten layak anak. “Dimana penyusunan peraturan daerah ini sebagai tindak lanjut terhadap undang-undang nomor 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak, yang mengamanatkan penghormatan dan perealisasian hak anak sebagai bagian dari hak asasi manusia serta sebagai perwujudan kewajiban dan tanggung jawab pemerintah daerah atas penyelenggaraan perlindungan anak di daerah dalam rangka mendukung kebijakan nasional terhadap pemenuhan dan perlindungan anak,” ujarnya.

Dilanjutkannya adapun bentuk dari kewajiban dan tanggung jawab pemerintah daerah adalah diantaranya menyelenggarakan kabupaten layak anak yang di dalam penyelenggaraannya, wajib mengadopsi prinsip-prinsip pengembangan kabupaten layak anak, yakni nondiskriminasi, kepentingan terbaik bagi anak, hak hidup, kelangsungan hidup dan perkembangan, dan menghargai pandangan anak.
Kemudian selanjutnya terhadap pemandangan umum fraksi golkar, fraksi partai demokrat dan fraksi pkb dirinya menjelaskan bahwa penyelenggaraan kabupaten layak anak pertama kali diinisiasi pada tanggal 21 november 2017, yang selanjutnya pemerintah daerah secara konsisten berupaya dalam menyusun dan melaksanakan program kegiatan yang bertujuan untuk memenuhi dan melindungi hak-hak anak di kabupaten kotawaringin timur. diwujudkan dengan berbagai hal baik sarana prasarana maupun program pengembangan sumber daya manusia di bidang lingkungan, kesehatan, sosial, pendidikan, dan kebudayaan, serta perlindungan hukum. dengan hasil capaian kabupaten kotawaringin timur meraih penghargaan kabupaten layak anak tingkat pratama pada tahun 2023.

“melalui rancangan peraturan daerah tentang penyelenggaraan kabupaten layak anak ini diharapkan permasalahan anak yang berkaitan dengan pemenuhan hak dan perlindungan anak dapat dilakukan secara masif dan berkelanjutan,” harapnya

pemerintah daerah menurutnya akan lebih giat dan bersinergi dengan berbagai pemangku kepentingan dalam melaksanakan kebijakan dan program kegiatan terkait pemenuhan hak dan perlindungan anak agar anak-anak di kabupaten kotawaringin timur dapat tumbuh dan berkembang menjadi generasi sehat, produktif, berintegritas, dan berdaya saing menuju indonesia emas 2045. Zainal.

Bagikan:

Iklan