infobanua.co.id
Beranda TAPIN Bawaslu Tapin Lantik 36 Panwascam untuk Pilkada 2024, Kombinasi Pengalaman dan Rekrutan Baru

Bawaslu Tapin Lantik 36 Panwascam untuk Pilkada 2024, Kombinasi Pengalaman dan Rekrutan Baru

Bawaslu Kabupaten Tapin resmi melantik 36 Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) untuk Pilkada Serentak 2024 pada Sabtu (25/5/2024).

Rantau, infobanua.co.id – Bawaslu Kabupaten Tapin resmi melantik 36 Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) untuk Pilkada Serentak 2024 pada Sabtu (25/5/2024). Dari jumlah tersebut, 50 persen merupakan Panwascam yang bertugas pada Pilkada Februari lalu, sementara sisanya adalah rekrutan baru hasil seleksi ketat dalam tiga pekan terakhir.

Ketua Bawaslu Tapin, Abid Fikasi Gulo, menjelaskan bahwa penerapan kembali beberapa Panwascam yang ada didasarkan pada evaluasi kinerja, putusan DKPP, dan surat BKN kepada Bawaslu. “Ini untuk memastikan bahwa ASN dan PPPK tidak terlibat dalam pengawasan Pemilu,” ujar Abid. Ia juga menekankan bahwa baik Panwascam lama maupun yang baru direkrut memiliki kapasitas dan kapabilitas yang memadai, sehingga tidak ada keraguan dalam kinerja mereka.

Panwascam akan bertugas selama kurang lebih 10 bulan, dengan persiapan menyeluruh untuk menghadapi kemungkinan perselisihan hasil pemilihan. Agenda terdekat mereka adalah menggelar pleno untuk menyusun struktur di kecamatan dan pembekalan di setiap divisi.

Pj Bupati Tapin, Muhammad Syarifuddin, yang turut menghadiri pelantikan, berharap Panwascam dapat menjalankan tugas mereka dengan integritas tinggi. “Mereka yang terpilih ini sudah kompeten dan berpengalaman. Namun, tetap diperlukan koordinasi dengan pihak terkait seperti KPU dan pihak kecamatan,” pesan Syarifuddin. Ia juga berharap bahwa pemilihan kepala daerah pada November nanti akan berlangsung sukses seperti Pemilu Februari lalu.

Dil/IB

Bagikan:

Iklan