infobanua.co.id
Beranda Penajam Paser Utara Dinas Sosial PPU Target Tingkat Kemiskinan Ekstream Zero di 2024

Dinas Sosial PPU Target Tingkat Kemiskinan Ekstream Zero di 2024

PENAJAM, Infobanua.co.id, – Dinas Sosial (Dinsos) Penajam Paser Utara (PPU) terus melakukan upaya dalam menekan tingkat kemiskinan ekstrim, Kepala Dinsos Saidin berkomitmen untuk menurunkan tingkat kemiskinan ekstrim di daerah Benuo Taka.

Dalam surat edaran Kementerian Kementerian Kordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), mengenai Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrim (PPKE) jumlah jiwa kemiskinan mencapai 0,02 persen dari jumlah penduduk PPU yang artinya sekitar 39 jiwa.

Pencapaian tersebut merupakan salah satu wujud nyata Pemerintah Daerah (Pemda) PPU ucap Saidin dalam wawancaranya kepada media Infobanua,

Ia mengungkapkan, kemiskinan ekstrim pada 2023 masih diangka 157 keluarga dengan total 424 jiwa, setelah divalidasi, angka tersebut berkurang yakni 81 keluarga menurut data terakhir, pada Maret 2024 lalu setelah dilakukan verifikasi.

“Pemerintah daerah (Pemda) menargetkan kemiskinan ekstrem di tahun ini sudah harus zero (0) dikarenakan rilisnya surat edaran kementerian PMK itu pada Februari lalu” ucapnya.

Lebih dalam Ia menjelaskan, dengan adanya program BLT, sebagai salah satu strategi kebijakan berupa pengurangan beban pengeluaran masyarakat dengan harapan warga PPU, yang ditetapkan sebagai miskin ekstrem dapat terpenuhi kebutuhan pokoknya dan juga dapat lebih fokus untuk meningkatkan taraf hidupnya sehingga bisa terbebas dari kemiskinan ekstrem.

“Untuk bantuan saat ini tetap kami jalankan mengingat target tahun ini sudah mencapai zero (0) persen jumlah kemiskinan ekstrem di wilayah kita,” sambungnya.

Di ketahui beberapa wilayah Benuo Taka terdapat 0,02 persen yang dilakukan validasi katagori wilayah kemiskinan ekstrem.

“Kami perkirakan dimasing-masing desa atau kelurahan, kemiskinan ekstrem bisa dipastikan masih ada tapi tidak seberapa,” pungkasnya.(Adv)

Bagikan:

Iklan