infobanua.co.id
Beranda KALTIM Kepala BPSDM Kemendagri Tegaskan Pentingnya Deteksi dan Pencegahan Dini Dalam Menjaga Ketertiban Umum

Kepala BPSDM Kemendagri Tegaskan Pentingnya Deteksi dan Pencegahan Dini Dalam Menjaga Ketertiban Umum

Acara Deteksi dan Cegah Dini bagi Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) di lingkungan Provinsi Kalimantan Timur

Samarinda, infobanua.co.id Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Sugeng Hariyono menegaskan, pentingnya deteksi dan pencegahan dini dalam menjaga ketertiban umum. Hal ini disampaikannya pada acara Deteksi dan Cegah Dini bagi Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) di lingkungan Provinsi Kalimantan Timur yang berlangsung di Fugo Hotel, Samarinda, Kamis (30/5/2024). Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan Satpol PP dari 10 kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Timur.

“Deteksi dini dan pencegahan dini sangat penting dalam menjaga ketertiban umum, terutama menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak. Satpol PP harus berkoordinasi dengan semua pihak terkait untuk memastikan Pilkada berjalan aman dan tertib,” ucap Sugeng.

Selain itu, Sugeng menyoroti pentingnya pemahaman dan penerapan kewenangan yang telah diberikan kepada daerah. Ia menekankan pentingnya daerah proaktif dalam mengelola urusan pemerintahan, termasuk di bidang pendidikan dan sosial.

Sugeng menekankan pula pentingnya pembuatan peraturan daerah (Perda) dan peraturan kepala daerah (Perkada) untuk mengatur berbagai aspek kehidupan masyarakat. Hal itu seperti jam malam bagi anak-anak yang sedang dalam masa belajar, guna memastikan mereka fokus pada pendidikan.

“Kita harus memanfaatkan hak dan tanggung jawab yang diberikan oleh undang-undang untuk mengatur dan mengurus wilayah kita sendiri,” tandas Sugeng.

Adapun kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan tiga kompetensi utama yaitu pengetahuan, keterampilan, dan sikap peserta. Sugeng berharap kegiatan ini dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang kewenangan Satpol PP, serta meningkatkan kemampuan mereka dalam penegakan Perda dan ketertiban umum.

IB

Bagikan:

Iklan