infobanua.co.id
Beranda Penajam Paser Utara Dinas Ketahanan Pangan PPU Catat Tahun Ini Satu Desa Dikategorikan Rawan Pangan

Dinas Ketahanan Pangan PPU Catat Tahun Ini Satu Desa Dikategorikan Rawan Pangan

Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan Arief Murdiyatno

PENAJAM, infobanua.co.id – Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), mencatat 2023 sebanyak 20 desa yang tersebar di empat kecamatan masih dalam kategori rentan pangan,
Hal ini diungkapkan oleh Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan Arief Murdiyatno saat di wawancarai wartawan infobanua, Kamis (18/04/2024).

Ia menjelaskan, bahwa ada enam indikator atau aspek suatu desa dikategorikan sebagai desa rentan rawan pangan, yakni aspek tersebut diantaranya sebaran luas lahan sektor pertanian maupun perkebunan, akses jalan yang kurang memadai, kemiskinan berpengaruh terhadap kesejahteraan penduduk, tenaga kesehatan, sarana air bersih dalam suatu rumah tangga untuk dapat mengakses tempat buang air besar.

“Kami akan melihat dari indikator tersebut, untuk mengkategorikan desa itu rentan pangan atau tahan pangan,” kata Arief kepada media ini.

Lanjutnya, data yang telah dihimpun Dinas Ketahanan Pangan bahwa kembali mencatat memasuki triwulan II anggaran tahun 2024, terjadi penurunan desa rentan rawan pangan ini

“ Tahun ini hanya ada satu desa yang mengalami rentan pangan, karna kita selalu mensuport enam indikator, agar tidak ada lagi desa yang rentan pangan,” ucapnya.

Arief yang belum lama ini menjabat sebagai sekretaris di Dinas Ketahanan Pangan itu berharap kerja – kerja dapat di evaluasi kembali, sehingga adanya perbaikan dalam memajukan infrastruktur.

“Jika dilihat dari akses jalan penghubung di desa ini sudah memadai secara keseluruhan, dan kedepannya terus dilakukan perbaikan untuk meningkatkan taraf kesejahteraan penduduk pada suatu desa,” tandasnya. (ADV)

Reporter : Ipan Saputra
Editor : Syahid Rahman
Uploter : Ibrahim

Bagikan:

Iklan