infobanua.co.id
Beranda Jawa Timur Diawali Bedhol Pusaka Pemkot Blitar Memperingati Hari Lahirnya Pancasila

Diawali Bedhol Pusaka Pemkot Blitar Memperingati Hari Lahirnya Pancasila

Walikota Blitar Santoso, saat sebagai pimpinan upacara.

Blitar, infobanua.co.id – Bulan Juni sebagai bulan Bung Karno, karena didalam bulan tersebut ada tiga peristiwa bersejarah yang tidak terpisahkan.

Tiga peristiwa dimaksud adalah pada tanggal 01 Juni lahirnya Pancasila dimana salah satu pencetus atau penggalinya adalah Ir. Soekarno, presiden RI pertama dan juga proklamator bangsa Indonesia, yang terkenal dengan Bung Karno.

Pada tanggal 06 Juni merupakan lahirnya Bung Karno dan pada tanggl 21 Juni beliau wafat.

Dalam rangka memperingati Bulan Bung Karno dan hari lahirnya Pancasila Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar menggelar beberapa kegiatan.

Diawali dengan bedhol pusaka yang dikemas dengan pawai lampion dari Istana Gebang, jalan Sultan Agung, ke Kantor Walikota Blitar, jalan Merdeka 111 Kota Blitar, dilanjutkan mocopatan, Jum’at 31 Mei 2024 malam.

Dilanjutkan pagi harinya, Sabtu 01 Juni 2024, Pemkot Blitar menggelar Upacara Budaya Grebeg Pancasila, di Aloon-aloon Kota Blitar.

Upacara diikuti seluruh ASN Pemkot Blitar, pelajar dan warga masyarakat dipimpin langsung oleh Walikota Blitar, Santoso. Dan dihadiri oleh Forkopimda, Wakil dari DPRD Kota Blitar, karena Ketua DPRD Kota Blitar ada tugas yang harus dijalankannya, para toga, tomas, tamu undangan dan para jurnalis.

Dalam sambutannya, Walikota Blitar, Santoso, mengatakan, Kota Blitar memiliki nilai istimewa dan berbeda dengan daerah lainnya, karena di Kota Blitar inilah tokoh penggali Pancasila sekaligus proklamator dan Presiden pertama RI yaitu Bung Karno disemayamkan.

“Kota Blitar juga memiliki nilai istimewa karena memiliki sejarah erat dengan lahirnya Kepres No. 24 tahun 2016 tentang Hari Lahirnya Pancasila dan diperingati secara nasional,” kata Walikota Blitar Santoso.

Menurut Santoso, melalui perjuangan panjang, para tokoh masyarakat Kota Blitar, para seniman, budayawan dan akhirnya aspirasi masyarakat Kota Blitar, akhirnya dapat diterima dan tepatnya pada tanggal 01 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila yang diperingati oleh seluruh bangsa Indonesia.

“Tahun ini peringatan Hari Lahir Pancasila mengangkat tema Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045, tema ini sangat relevan dengan realitas kebhinnekaan yang memerlukan semangat persatuan dan kesatuan bangsa,” ungkapnya.

Lebih dalam Santoso menerangkan bahwa, dengan semangat Pancasila kita harus optimis bisa mencapai cita-cita Indonesia Emas 2045 yakni menjadikan Indonesia sebagai negara maju dengan perekonomian yang kuat, keadilan sosial yang merata dan juga masyarakat yang sejahtera.

“Selain itu Pancasila juga kita harapkan sebagai jiwa pemersatu ketika kita semua menyongsong pemilihan kepala daerah (pilkada) secara serentak tahun 2024 ini,” terangnya.

Masih menurut Santoso, peringatan Hari Lahir Pancasila harus dijadikan momentum bagi kita semua, seluruh aparatur pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, para pendidik, kaum profesional, generasi muda dan seluruh masyarakat Kota Blitar untuk menghadirkan nilai-nilai Pancasila secara nyata dalam kehidupan kita.

“Selamat memperingati Hari Lahir Pancasila, semoga Pancasila selalu berada dalam jiwa kita semua,” pungkasnya. (Eko.B).

Bagikan:

Iklan