infobanua.co.id
Beranda Daerah Korban Banjir Diingatkan Waspada Diare dan Penyakit Kulit

Korban Banjir Diingatkan Waspada Diare dan Penyakit Kulit

Kadis kesehatan Umar Kaderi.(Ist/brt).

Sampit, infobanua.co.id- Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur melalui Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Umar Kaderi mengingatkan kepada warga yang menjadi korban bencana banjir di wilayah ini agar mewaspadai penyakit yang biasa muncul paska bencana. Diantaranya seperti penyakit kulit dan diare.

“Biasanya penyakit yang rawan terjadi yakni penyakit kulit seperti gatal-gatal karena terendam di air banjir kemudian juga diare,” ujarnya.

Menurut pantauan pihaknya menurut Umar hingga saat ini belum ada laporan masalah kesehatan dari wilayah terdampak banjir. Meski demikian dirinya tetap berharap warga setempat untuk dapat berhati-hati dan selalu waspada.
Dinkes Kotim menurutnya menjamin ketersediaan obat untuk penyakit paska bencana itu. Pihaknya telah mengantisipasi berdasarkan analisasi dan antisipasi dalam pengadaannya.

“Sampai dengan saat ini memang belum ada. Hanya saja, biasanya keluhan kesehatan muncul dua pekan setelah bencana banjir terjadi,” ujarnya.
Selain itu dirinya juga memastikan jika pelayanan fasilitas layanan kesehatan di wilayah banjir masih berjalan normal meski beberapa puskesmas pembantu dan pos kesehatan desa ikut terendam banjir. Karena pihaknya sudah memindahkan sementara layanan kesehatan di tempat yang lebih aman seperti lokasi posyandu ataupun di tempat yang lokasinya lebih tinggi yang disediakan oleh Kepala Desa setempat. Zainal.

Bagikan:

Iklan