infobanua.co.id
Beranda Jawa Barat Launching Pilkada 2024 Oleh KPU Karawang Mendapat Atusias Masyarakat Dianggap Awal Yang Baik Untuk Meningkatkan Partisipasi Pemilih

Launching Pilkada 2024 Oleh KPU Karawang Mendapat Atusias Masyarakat Dianggap Awal Yang Baik Untuk Meningkatkan Partisipasi Pemilih

Karawang, infobanua.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karawang menggelar acara peluncuran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Karawang Tahun 2024. Acara yang berlangsung pada Sabtu malam tersebut digelar di lapangan Karangpawitan, Kelurahan Karangpawitan, Kecamatan Karawang Barat, disambut antusiasme masyarakat secara umum.

Acara dimulai dengan berbagai macam performance kesenian khas Karawang dan juga sosoalisasi perihal agenda Pilkada. Grup band legendaris Jamrud dan beberapa bintang tamu urut memeriahkan acara yang dapat dinikmati oleh seluruh elemen masyarakat Karawang. Turut hadir dalam acara tersebut, Ketua KPU Jawa Barat, Komisioner KPU RI Idham Chalid.

Pemerhati politik dan pemerintahan, Andri Kurniawan mengapresiasi gagasan KPU Kabupaten Karawang yang telah menginformasikan, bahwa pesta demokrasi untuk masyarakat Karawang telah dimulai.

Ia juga mengatakan, “Tentunya program yang dikemas dalam suatu kemasan event tersebut, bukan hanya sebatas seremoni, melainkan penyampaian informasi tahapan Pilkada secara umum. Sangat lah tepat dan jelas target tujuan programnya, event tersebut sebagai langkah awal dimulainya pesta demokrasi untuk masyarakat Karawang,” Senin, (3/6/2024).

Ketika disinggung soal banyaknya kritikan, bahwa acara yang digelar menggunakan hibah dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) itu. Dengan nada santai, Andri mengungkapkan, “Namanya juga pesta rakyat, sudah pasti harus menelan anggaran. Ini kan pesta rakyat, yang secara langsung dinikmati oleh rakyat,”

“Kemudian gelarannya pun dilaksanakan secara outdoor, tidak ekslusif secara indoor. Sehingga masyarakat tanpa ada batasan ruang dapat menikmati sajian informasi dan hiburan yang disajikan oleh KPU Kabupaten Karawang. Terkecuali eventnya dikemas secara indoor, semisal didalam gedung atau hotel mewah. Saya juga akan ikut mengkritik,” Tandasnya

Lebih lanjut, Andri mengungkapkan, “Saya anggap acara yang telah sukses digelar itu sangat bagus, malah perlu untuk diapresiasi. Bisa kita lihat bersama, luasnya kapasitas daya tampung Karangpawitan sampai overload. Itu semua dapat disimpulkan, bahwa baik Komisioner atau pun Kesekretariatan KPU Kabupaten Karawang telah sukses menarik minat masyarakat untuk mendapatkan informasi perihal Pilkada, dan semoga saja diimbangi dengan tingkat partisipasi yang tinggi dihari pemilihan nanti,”

“Adanya kritik yang bersifat kontra, itu hal yang sangat wajar. Tapi dilain sisi, saya yakin lebih banyak masyarakat yang mengapresiasi, serta merasa puas dengan kinerja KPU Kabupaten Karawang. Hal tersebut dapat kita lihat dari antusiasme masyarkat yang berbondong – bondong menghadiri acara,” Ujar Andri

“Ada pun mengenai penggunaan anggaran, saya pribadi meyakini, KPU Kabupaten Karawang sudah dengan cermat mengedepankan prinsip kehati – hatian dan mempertimbangkan aspek manfaat. Tidak perlu curiga berlebih, toh setiap penggunaan keuangan Negara, tentunya akan mendapat audit dari lembaga yang memiliki otoritas untuk melakukan audit pengunaan serta pemanfaatan keuangan Negara,” pungkasnya.

Iswanto

Bagikan:

Iklan