infobanua.co.id
Beranda Tak Berkategori Kegiatan Kunjungan Tim Wasev di Lokasi TMMD – 120 Kodim 1627/Rote Ndao

Kegiatan Kunjungan Tim Wasev di Lokasi TMMD – 120 Kodim 1627/Rote Ndao

infobanua Rote ndao, NTT – Ketua Tim Wasev Brigjen TNI Zunan Muchdlori S.I.P, mengecek hasil pengerjaan jalan dan kesiapan penggalian sumur bor menjelang penutupan TMMD Ke 120 Kodim 1627/Rote Ndao, bertempat di lokasi TMMD ke-120 Kodim 1627/Rote Ndao, Desa Lentera Kecamatan Rote Barat Daya Kabupaten Rote Ndao Senin, 03/6/2024.

Kegiatan yang didampingi pejabat Forkopimda Kabupaten Rote Ndao ini, diawali Penyambutan Tim dengan tarian adat dan sambutan Komandan Kodim 1627/RN mulai dari kegiatan persiapan sampai pada pelaksanaan TMMD kepada Ketua Tim Wasev. Dan dilanjutkan sambutan PJ.Bupati Rote Ndao Bp. Oder Maks Sombu SH,,MA,, MH.

Dalam sambutan PJ Bupati ada beberapa hal yang sampaikan diantaranya Program TMMD adalah merupakan suatu wujud nyata TNI dengan Rakyat dalam membangun Des

TNI hadir ditengah Masyarakat untuk membantu berbagai permasalahan yang dihadapi sekaligus meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup, Atas nama Pemerintah Kab Rote Ndao saya menyampaikan Apresiasi yang setinggi- tingginya kepada TNI Khususnya kepada Kodim 1627/RN. Kami berharap melalui kunjungan Tim Wasev dapat memberi masukan dan rekomendasi yang Konstruktif untuk perbaikan dan peningkatan program TMMD dimasa yang akan datang.

Dalam sambutan Ketua Tim Wasev Brigjen TNI Zunan Muchdlori S.I.P. menyampaikan beberapa hal diantaranya; Pengawasan dan Evaluasi TMMD 120 TA. 2024 bertujuan mengukur Kinerja Organisasi Satuan TMMD dari tahap perencanaan, persiapan, sampai pengakiran dengan harapan dapat berjalan secara efektif dan efisien.

TMMD yang dulunya dikenal dengan nama AMD merupakan Operasi Bhakti TNI dilaksanakan secara terpadu lintas sektoral bersama kementrian/lembaga pemerintah non Kementrian, Pemda serta Komponen masyarakat sebagai upaya mendukung Percepatan pembangunan. Sasaran Program TMMD diprioritaskan kepada
A. Daerah miskin, terisolir dan terpencil
B. Daerah kumuh perkotaan
C. Daerah perbatasan dan pulau terluar
D. Daerah yang terkena dampak bencana alam
sasaran TMMD terbagi dalam dua ketegori yakni. Fisik dan non Fisik

Disamping sasaran tambahan yang merupakan program unggulan Bapak Kasad yaitu Integrated Farming seluas 200 HA yang dilaksanakan secara bertahap, TNI Manunggal Air, Rehab ROTI, Percepatan angka Stunting, penanaman pohon dan pembersihan lingkungan saluran air dan pasar. Hal menonjol yang perlu diperhatikan oleh Dandim selalu Dansatgas TMMD yaitu. Pada saat musim hujan agar merencanakan TMMD dengan baik sehingga pelaksanaan tepat waktu 100 Persen, Kegiatan TMMD bekerjasama dengan Pemda melalui SKPD dalam bentuk Swakelola tipe 2, Penekana kepada Dandim selaku Dansatgas Pedomani rencana umum TMMD, Gunakan dukungan Operasional TMMD sesuai peruntukan kode akun dan tertib administrasi, Selesaikan target sasaran Fisik dan Non fisik serta sasaran tambahan Program Unggulan Kasad sesuai waktu yang ditentukan.

Tingkatkan Sinergitas dengan Pemda, instansi Vertikal, akademis, tokoh Masyarakat, tokoh adat, tokoh agama dan komponen masyarakat lain untuk mendukung giat TMMD Optimalkan pencapaian Out come Program TMMD dalam rangka juang yang tangguh Kemanunggalan TNI Rakyat. Utamakan Faktor keamanan dan keselamatan selama kegiatan TMMD.

Menjawab pertanyaan media tentang tujuan TMMD Di Rote Ndao serta budaya adat yang ditampilkan, Pa Sahli TK II Panglima TNI Bidang Komsos yang didampingi tim Wasev Letkol Inf. Faisal Toar ini menyatakan hubungan yang dibangun dengan masyarakat dan TNI adalah penguatan sistem pertahanan sishankamrata, yang selalu siap saat negara dalam keadaan bahaya apalagi pulau Rote adalah paling terselatan NKRI yang mudah dimasuki oleh pihak luar serta budaya yang masih melekat dan sangat bagus dijaga dari pengaruh luar. Ada over prestasi 200M dari yang direncanakan, dan hal ini sesuatu yang membanggakan dimana tujuannya untuk kepentingan dan kebutuhan masyarakat di wilayah tersebut.

Sebelum menutup kegiatan tersebut diakhiri dengan pembagian bantuan sembako kepada masyarakat serta peninjauan hasil pengerjaan jalan.
Turut hadir dalam kegiatan Wasev antara lain; PJ. Bupati Rote Ndao Bp. Oder Maks Sombu SH,,MA,, MH, Komandan Kodim 1627/RN Letkol.Inf.Alber Inkiriwang S.I.P, Kapolres Rote Ndao AKBP. Mardiono S, ST,, MKP, Kepala Kejaksaan Rote Ndao Bp. Budi Narsanto S.H, Ketua Pengadilan Rote Ndao Ibu Fransiska D. Paula Nino SH.MH, Komandan Posal TNI-AU Letda Handri, Kadis BPUR Kab. Rote Ndao BP. Leksi Foeh, Camat Rote Barat Daya Bp. Adrianus Besie S.sos, Ibu Ketua Persit Kartika Candra Kirana ranting XLII bersama anggota, Kepala Desa Lentera Bp. Dance Nggebu bersama staff, Tokoh adat, Tokoh Masyarakat, dan Tokoh Agama,” (Nurman)

Bagikan:

Iklan