infobanua.co.id
Beranda Penajam Paser Utara Pendatang Baru, Disdukcapil PPU Sebut Pertumbuhan Meningkat Siginifikan Faktor Pencari Kerja

Pendatang Baru, Disdukcapil PPU Sebut Pertumbuhan Meningkat Siginifikan Faktor Pencari Kerja

PENAJAM, Infobanua.co.id – Pertumbuhan jumlah penduduk baru Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) tercatat sekitar 2.289 jiwa terhitung sejak Januari sampai dengan Mei 2024.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) PPU Waluyo saat di wawancarai wartawan infobanua. Senin (03/06/2024).

Ia manyampaikan, seluruh warga baru merupakan pendatang dari luar daerah,

jumlah penduduk baru yang masuk lebih banyak ketimbang warga yang berpindah keluar daerah.

“Sampai saat ini jumlah pendatang kurang lebih sekitar 2.289 jiwa sementara yang keluar sekitar 1.514 orang saja,” ucapnya

Lanjutnya, sampai saat ini jumlah pendatang ke PPU lebih membludak dikarenakan dengan dampak Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Mungkin mereka banyak yang berpindah Ke Penajam pengaruh adanya IKN, jadi mereka berbondong-bondong datang menjadi warga PPU” kata Waluyo.

Warga pendatang yang pindah didominasi mencari kerja dan pindah tempat kerja atau pindah tugas maupun ikut keluarga yang sudah lama menetap di daerah yang di juluki Benuo Taka.

“Rata-rata yang berpindah itu ikut suami, dan juga mencari pekerjaan mungkin hal ini yang menjadi alasan mereka berpindah penduduk,” tandanya (Adv).

Bagikan:

Iklan