infobanua.co.id
Beranda KOTABARU Panen Raya di Desa Berangas, Bupati Kotabaru H Sayed Jafar Dorong Peningkatan Produktivitas Pertanian

Panen Raya di Desa Berangas, Bupati Kotabaru H Sayed Jafar Dorong Peningkatan Produktivitas Pertanian

Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Kotabaru menggelar kegiatan panen padi sawah di Desa Berangas, Kecamatan Pulau Laut Timur. Acara ini turut dihadiri oleh Bupati Kotabaru H. Sayed Jafar

Kotabaru, infobanua.co.id – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Kotabaru menggelar kegiatan panen padi sawah di Desa Berangas, Kecamatan Pulau Laut Timur. Acara ini turut dihadiri oleh Bupati Kotabaru H. Sayed Jafar yang dalam pidatonya menekankan pentingnya meningkatkan mutu intensifikasi agrobisnis padi sawah seluas 100 hektar yang tersebar di lima titik lokasi, Selasa (11 /06/2024).

Acara panen ini dihadiri oleh sejumlah pejabat penting, termasuk Asisten Forkopimda, Ketua PKK, camat, serta kelompok tani “Berkat Usaha Mandiri” dan kepala desa se-Kecamatan Pulau Laut Timur. Bupati H. Sayed Jafar mengungkapkan rasa syukur dan bangga kepada para petani yang tergabung dalam kelompok tani tersebut, serta apresiasi kepada semua pihak yang terlibat atas kerja keras, dedikasi, dan kerjasama sehingga panen padi ini bisa terlaksana dengan baik.

“Dengan panen padi ini, saya berharap dapat memotivasi seluruh petani, masyarakat, dan jajaran pertanian untuk lebih terpacu dalam meningkatkan produksi dan produktivitas usaha tani, khususnya padi, demi mewujudkan masyarakat Kotabaru yang mandiri dan sejahtera di bidang agrobisnis,” ujar Bupati H. Sayed Jafar.

Ia menargetkan panen raya kelompok tani “Berkat Usaha Mandiri” bisa mencapai 6,5 ton per hektar per sekali panen, dengan potensi peningkatan lebih lanjut sebagaimana yang telah terlihat di lokasi lain seperti Pembelacanan yang mampu panen hingga 11 ton per hektar. Bupati juga menyoroti pentingnya perbaikan irigasi untuk mendukung keberlanjutan pertanian, terutama karena wilayah tersebut memiliki sumber mata air sendiri yang dapat diandalkan meski musim kemarau.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian menyatakan bahwa salah satu upaya yang dilakukan adalah peningkatan mutu intensifikasi (PMI) yang bertujuan untuk meningkatkan produksi dan produktivitas melalui penggunaan benih unggul dan sarana produksi yang tepat guna. Program ini diharapkan menjadi percontohan bagi kegiatan pertanaman padi di lokasi lain di wilayah Kabupaten Kotabaru.

Pada tahun 2024, pemerintah Kabupaten Kotabaru melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian melaksanakan kegiatan peningkatan mutu intensifikasi agrobisnis padi sawah seluas 100 hektar yang dilaksanakan di lima lokasi, yaitu Desa Berangas Kecamatan Pulau Laut Timur, Desa Salino Kecamatan Pulau Laut Tengah, Desa Sungai Hanyar Kecamatan Kelumpang Utara, dan Desa Bakau Kecamatan Pamukan Utara.

Upaya lainnya termasuk mengusulkan kuota pupuk bersubsidi ke pemerintah pusat agar dapat ditambah. Sebelumnya, kuota pupuk urea adalah 966.882 ton dan diusulkan menjadi 1.623.098 ton, pupuk NPK dari 932.161 ton menjadi 1.992.788 ton, dan pupuk organik yang sebelumnya tidak ada menjadi 1.228.659 ton.

Kegiatan panen raya ini merupakan langkah konkret dalam mendukung sektor pertanian di Kotabaru dan meningkatkan kesejahteraan para petani melalui program-program intensifikasi yang efektif dan berkelanjutan. JL

 

Bagikan:

Iklan