infobanua.co.id
Beranda Kotawaringin Timur Pengembangan Pembangunan Bandara H Asan Sampit Segera Terwujud

Pengembangan Pembangunan Bandara H Asan Sampit Segera Terwujud

Penandatangan Nota Kesepakatan antara Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan dengan Pemerintah Daerah Kotim.(Ist/brt).

Sampit, infobanua.co.id – Pengembangan Pembangunan bandara H.Asan Sampit yang selama ini ditunggu tunggu masyarakat Kotim segera akan terujud, pasalnya pengembangan pembangunannya telah di setujui oleh Gubernur Kalimantan Tengah melalui surat keputusan Nomor 188.44/257/2015.

Dari keputusan tersebut rencana pengembangan bandara H.Asan Sampit meliputi beberapa tahapan priolitas di antaranya, 1. Tahun 2024 rencana perpanjangan Runway, 2. Tahun 2025 rencana pelebaran Runway, 3. Tahun 2026 pelebaran Apron, Pembangunan gedung pertolongan kecelakaan penerbangan dan pemadam kebakaran (PKP-PK) serta perluasan gedung terminal exiting dan 4.Tahun 2027 pembangunan terminal baru, perpanjangan Runway tahap II dabn Displacement Runway.

Pengembangan pembangunan bandara H.Asan ini cukup beralasan dikarenaka Kabupaten Kotawaringin Timur khususnya kota Sampit, adalah tingkat perekonomiannya cukup tinggi di Provinsi Kalimantan Tengah. Selain itu juga di kenal dengan pintu gerbang perekonomian dengan sektor usaha semakin maju dan berkembang terutama dalam bidang jasa perkebunan kelapa sawit dan tambang.

Dari sisi teknis, bandara H.Asan Sampit memiliki kenektivitas wilayah yang baik dengan rencana pengembangan dari bandara pengumpan menuju bandara pengumpul, selain itu juga kondisi jalan untuk dilintasi.

Bukti keseriusan pemerintah daerah yang berkeinginan bandara H.Asan Sampit untuk pengembangan terutama landasan, Bupati Kotim Halikinnor telah berusaha dalam kepemimpinannya minta kepada kementerian perhubungan udara RI dan Halikinnor mengatakan telah mendapat tanggapan positif tentang pengembangan pembangunan dan bertemu dengan Ibu Maria Indah Kristi Dirjen Perhubungan Udara di Jakarta.

”Semoga untuk pengembangan pembangunan bendara H.Asan secepatnya dapat terujud,” ujar Halikinnor.

Zainal.

Bagikan:

Iklan