infobanua.co.id
Beranda TAPIN Persiapan Peluncuran Pilkada Tapin 2024, KPU Gelar Rapat Koordinasi Bersama Forkopimda

Persiapan Peluncuran Pilkada Tapin 2024, KPU Gelar Rapat Koordinasi Bersama Forkopimda

Ketua KPU Tapin, Fakhrian Noor

Rantau, infobanua.co.id – Menjelang peluncuran Pilkada Tapin 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tapin menggelar rapat koordinasi dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) pada Senin, 10 Juni 2024. Dalam pertemuan ini, Ketua KPU Tapin, Fakhrian Noor, mengungkapkan ada dua topik utama yang dibahas.

Topik pertama yang dibahas adalah persiapan peluncuran Pilkada Tapin 2024, yang dijadwalkan berlangsung pada 20 Juni 2024 di Pendopo Galuh Bastari. Menurut Rian, peluncuran ini akan dilaksanakan di dalam ruangan (indoor) mengingat kondisi cuaca yang tidak menentu serta demi mempertimbangkan aspek keamanan dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Sebelumnya, acara ini direncanakan digelar di RTP Rantau Baru, Tapin, namun kemudian dipindahkan ke lokasi yang lebih aman.

Topik kedua yang dibahas adalah upaya menjaga kondusivitas selama tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tapin. Rian menegaskan bahwa situasi saat ini masih aman, namun sosialisasi pencegahan tetap harus dilakukan secara terus-menerus, baik secara langsung maupun melalui tokoh-tokoh masyarakat.

“Kami berharap seluruh tahapan Pilkada hingga selesai nanti bisa berjalan aman, kondusif, dan lancar,” ujar Rian. Ia juga menegaskan pentingnya kolaborasi dalam mencegah munculnya kerawanan selama proses Pilkada.

Ketua Bawaslu Tapin, Abid Fikasi Gulo, menyatakan bahwa pengawasan juga telah dilakukan dengan cara-cara preventif. Salah satunya adalah melalui sosialisasi yang melibatkan tokoh masyarakat dan penyebaran slogan-slogan ke masyarakat.

Terkait isu kondisi tahapan pencalonan yang mulai memanas, Abid memastikan bahwa hingga saat ini belum ada bukti yang cukup atau pelaporan terkait kekerasan, pengrusakan alat peraga sosialisasi, maupun intervensi. “Sampai saat ini belum ada pelaporan masuk,” tegas Abid.

Dengan berbagai langkah preventif dan koordinasi yang baik antara KPU, Bawaslu, dan Forkopimda, diharapkan Pilkada Tapin 2024 dapat berlangsung dengan aman dan kondusif.

Dil/IB

Bagikan:

Iklan