infobanua.co.id
Beranda HULU SUNGAI TENGAH Pemkab HST Raih Penghargaan Ganda dari Kanwil DJPB Provinsi Kalsel

Pemkab HST Raih Penghargaan Ganda dari Kanwil DJPB Provinsi Kalsel

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Kepala Kanwil DJPB Provinsi Kalsel, Syafriadi, kepada Bupati HST, H. Aulia Oktafiandi,

BARABAI, infobanua.co.id – Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) menerima penghargaan atas pengelolaan penyaluran Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik dan Dana Desa Tahun 2024 tercepat di lingkup KPPN Barabai. Penghargaan tersebut diberikan oleh Kanwil DJPB Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) sebagai bentuk apresiasi atas kinerja Pemkab HST.

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Kepala Kanwil DJPB Provinsi Kalsel, Syafriadi, kepada Bupati HST, H. Aulia Oktafiandi, dalam acara monitoring dan evaluasi dana transfer ke daerah (TKD) Kabupaten HST, yang diadakan di Pendopo Kabupaten HST pada Rabu, 12 Juni 2024. Acara tersebut juga dihadiri oleh Kepala Kanwil Direktorat Jendral Kekayaan Negara Kalselteng, Kusumawardhani (juga Kepala Perwakilan Kemenkeu Kalsel), Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Kalsel, Syafriadi, dan Kanwil Ditjen Pajak Kalselteng, Syamsinar, serta Kepala Perangkat Daerah lingkup Pemkab HST dan tamu undangan lainnya.

Penghargaan ini mencerminkan kemampuan Pemkab HST dalam menjalankan proses pengelolaan penyaluran DAK Fisik dan Dana Desa Tahap I dan Tahap II Tahun 2024 sesuai dengan perencanaan yang telah ditetapkan. Bupati Aulia Oktafiandi menyatakan bahwa penghargaan ganda ini menjadi bukti nyata atas fokus pihaknya pada pencapaian tertinggi dalam pengelolaan anggaran, sekaligus memprioritaskan kinerja optimal dalam pelaksanaannya.

“Prestasi ini tentu menjadi inspirasi bagi kami untuk terus meningkatkan kualitas layanan dan tata kelola keuangan, sejalan dengan upaya pemerintah dalam menciptakan pelayanan publik yang transparan dan akuntabel,” tuturnya.

Bupati Aulia berharap bahwa kedatangan dari Kantor Wilayah Ditjen Kekayaan Negara, Ditjen Perbendaharaan, dan Ditjen Pajak akan memperkuat sinergitas yang telah terjalin dengan baik selama ini. “Dengan terciptanya sinergitas ini, tentu kita sangat berharap masyarakat HST dapat memperoleh manfaatnya,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jendral Kekayaan Negara Kalselteng, Kusumawardhani, menjelaskan bahwa pengelolaan kekayaan negara, termasuk barang milik daerah, merupakan bagian penting dari tugas mereka. “Visi kami adalah menjadi pengelola kekayaan negara yang profesional dan akuntabel dalam rangka mendukung visi Kementerian Keuangan. Dukungan kami dari kekayaan negara terkait PAD termasuk BPHTB juga menunjukkan tren penerimaan yang meningkat,” jelasnya. Pada tahun 2023, penerimaan BPHTB hampir mencapai angka 1 miliar.

Ia berharap pertemuan ini dapat meningkatkan sumbangan PAD di daerah melalui pelaksanaan lelang, sehingga memberikan manfaat lebih besar bagi masyarakat.

Dengan penghargaan ini, Pemkab HST diharapkan dapat terus meningkatkan kinerja dan kualitas layanan publik, serta memperkuat sinergi dengan berbagai pihak untuk pembangunan daerah yang lebih baik.

Fad/IB

Bagikan:

Iklan