infobanua.co.id
Beranda TAPIN Ketersediaan Hewan Kurban Sapi di Kabupaten Tapin Mencukupi untuk Idul Adha 1445 H

Ketersediaan Hewan Kurban Sapi di Kabupaten Tapin Mencukupi untuk Idul Adha 1445 H

Kepala Dinas Pertanian Tapin, Muhammad Triasmoro

Rantau, infobanua.co.id – Menjelang perayaan Hari Raya Idul Adha 1445 H, Kabupaten Tapin memastikan ketersediaan hewan kurban sapi dalam kondisi mencukupi. Kepala Dinas Pertanian Tapin, Muhammad Triasmoro, mengungkapkan bahwa berdasarkan data bidang peternakan, jumlah sapi yang tersedia di Kabupaten Tapin lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan ibadah kurban tahun ini.

“Setidaknya di seluruh kecamatan, ketersediaan sapi berkisar 1.522 ekor, sedangkan rata-rata kebutuhan tiap tahun di Tapin sekitar 700 ekor,” ungkap Triasmoro pada Senin (17/6/2024).

Triasmoro menjelaskan bahwa melimpahnya jumlah sapi di tingkat petani tidak hanya terjadi di Kabupaten Tapin, tetapi juga di pasar berbagai daerah di Kalimantan Selatan. Hal ini memastikan bahwa kebutuhan hewan kurban dapat terpenuhi dengan baik.

Namun, Aiman Fadillah, salah satu peternak sapi, mencatat adanya penurunan daya beli masyarakat dibandingkan tahun sebelumnya. “Tahun ini saya hanya menjual 30 ekor sapi, sedangkan tahun-tahun sebelumnya lebih dari 40 ekor,” sebutnya. Penurunan ini disebabkan oleh persaingan dengan pedagang dari daerah lain.

Fadillah juga menyebutkan bahwa harga sapi yang dibeli oleh masyarakat untuk kurban berkisar antara Rp15 juta hingga Rp18 juta per ekor. Bobot daging bersih per ekor biasanya antara 50 kg hingga 75 kg. Harga ini dianggap wajar saat Idul Adha, dengan kenaikan hanya mencapai sekitar 10 persen.

Dengan ketersediaan yang mencukupi dan harga yang relatif stabil, masyarakat Kabupaten Tapin dapat melaksanakan ibadah kurban dengan lancar dan penuh berkah.

Dil/IB

Bagikan:

Iklan