infobanua.co.id
Beranda BANJAR Pemkab Banjar Raih Penghargaan Terbaik III Kekayaan Intelektual 2022-2023

Pemkab Banjar Raih Penghargaan Terbaik III Kekayaan Intelektual 2022-2023

Penghargaan diserahkan oleh Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi Lucky Agung Binarto didampingi Kakanwil Kalsel Kemenkumham RI Taufiqurrahman yang diterima Plh Asisten Perkonomian dan Pembangunan Nashrullah Shadiq.

Banjarmasin, infobanua.co.id – Pemerintah Kabupaten Banjar meraih penghargaan Terbaik III kategori jumlah permohonan terbanyak Kekayaan Intelektual Tahun 2022-2023 pada ajang Mobile Intellectual Property Clinic Edisi ke-3 yang digelar Kanwil Kalsel Kemenkumham RI, di G’Sign Hotel Banjarmasin, Rabu (19/6/2024) malam.

Penghargaan diserahkan oleh Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi Lucky Agung Binarto didampingi Kakanwil Kalsel Kemenkumham RI Taufiqurrahman yang diterima Plh Asisten Perkonomian dan Pembangunan Nashrullah Shadiq.

Pada edisi ke-3 ini kegiatan Mobile Intellectual Property Clinic yang digelar Kemenkumham RI bertajuk “Bergerak Mempererat Identitas Budaya Kalimantan Selatan di Mata Dunia Melalui Indikasi Geografis”.

Kakanwil Kalsel Kemenkumham RI Taufiqurrahman menyampaikan, penghargaan tersebut diberikan kepada kabupaten/kota dan universitas yang telah berpartisipasi dalam mendukung perkembangan layanan dan pembentukan kekayaan intelektual di Kalimantan Selatan.

“Penghargaan ini menjadi sebuah amanah untuk terus berupaya mendukung program kekayaan intelektual, menyadarkan masyarakat khususnya pelaku UMKM untuk mendaftarkan hak cipta karya mereka dan tentunya akan memberi nilai positif bagi pelaku ekonomi kreatif,” ujarnya.

Ia juga juga menekankan sinergitas dari berbagai pihak, agar kekayaan intelektual setiap daerah dapat dilindungi.

“Bersama pemerintah daerah dan provinsi, kita terus mendorong pelaku ekonomi kreatif dan UMKM untuk mendaftarkan hak cipta atas karya intelektual mereka,” tambahnya.

Sementara Plh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Nashrullah Shadiq mengungkapkan di edisi ke-3 ini merupakan penghargaan perdana yang diraih Pemkab Banjar. Penghargaan ini diraih sebagai pengusul terbanyak ketiga dengan total 122 permohonan.

“Semoga kedepan semakin banyak produk-produk yang dihasilkan UMKM dari Kabupaten Banjar yang bisa kita fasilitasi untuk didaftarkan hak kekayaan intelektualnya sehingga produk mereka terlindungi secara hukum,” harapnya.

Pada kategori yang sama sejumlah kabupaten/kota lainnya yang juga mendapat penghargaan yakni Pemko Banjarbaru Terbaik II dan Pemko Banjarmasin Terbaik I. Disusul kategori Fasilitasi Layanan Kekayaan Intelektual, Terbaik I diraih Pemkab Hulu Sungai Selatan (HSS), Terbaik II Tapin dan Terbaik III Tabalong. Sedangkan Perguruan Tinggi diraih Politeknik Negeri Tanah Laut.

Diakhir juga dilakukan launching Mobile Intellectual Property Clinic Kalsel yang dihelat dari 19-21 Juni 2024. Dilanjutkan penyerahan Sertifikat Indikasi Geografis Kain Sasirangan Kalsel oleh Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi didampingi Kakanwil Kalsel Kemenkumham RI yang diterima Gubernur Kalsel diwakili Sekda Roy Rizali Anwar.

Fad/IB

Bagikan:

Iklan