infobanua.co.id
Beranda Kotawaringin Timur Bupati Lihat Langsung Kegiatan Khitanan Massal Di Empat Kecamatan

Bupati Lihat Langsung Kegiatan Khitanan Massal Di Empat Kecamatan

Bupati Kotim, Halikinnor lihat langsung khitanan massal di empat kecamatan wilayah Selatan.(Ist/brt).

Sampit, infobanua.co.id – Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) Halikinnor lihat langsung pelaksanaan kegiatan khitanan massal, yang digelar serentak di tiga Kecamatan Sabtu, (29-6-2024). Halikinnor didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kotim, Umar Kaderi melakukan peninjauan kegiatan di Kecamatan Pulau Hanaut, Mentaya Hilir Selatan , Mentaya Hilir Utara dan Teluk Sampit. Untuk pelaksanaan khitanan massal di Teluk Sampit pelaksanaanya digabung di Kecamatan Mentaya Hilir Selatan.

“Antusias anak-anak pelajar yang mengikuti kegiatan ini cukup tinggi terlihat dari yang mendaftar secara online di Kecamatan Mentaya Hilir Selatan awalnya ada 100 peserta bertambah menjadi 200 peserta,” ujarnya.

Artinya jelas Halikinnor para pelajar memanfaatkan betul, momen libur sekolah untuk dapat melakukan khitan. Apalagi menurutnya di dalam ajaran Islam proses berkhitan sangatlah penting karena selain baik dari segi kesehatan juga untuk kebersihan diri.

Namun dikatakan Halikinnor peserta yang mengikuti khitanan massal tersebut tidak hanya diikuti oleh pelajar yang beragama muslim, namun juga ada yang berasal dari non muslim.

” Ini kan artinya mereka juga melihat dari sisi kesehatan dan juga kebersihan kita tampung semua yang hendak mengikuti program ini,” tuturnya.

Kemudian dirinya juga memberikan kesempatan kepada para pelajar lainnya yang belum sempat mendaftarkan diri pada kegiatan khitanan massal tersebut. Dirinya akan memerintahkan Dinas Kesehatan setempat untuk dapat memberikan layanan khitanan gratis di fasilitas dinas kesehatan seperti di Puskesmas ataupun rumah sakit Pratama.

Zainal.

Bagikan:

Iklan