infobanua.co.id
Beranda Penajam Paser Utara Dinas Perikanan PPU Catat 500 Kelompok Pembudidaya Ikan, Tingkatkan Produktifitas Pangan Daerah

Dinas Perikanan PPU Catat 500 Kelompok Pembudidaya Ikan, Tingkatkan Produktifitas Pangan Daerah

PENAJAM, Infobanua.co.id – Dinas Perikanan (Disken) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) mencatat jumlah kelompok budidaya ikan saat ini berjumlah sekitar 500 golongan perikanan.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Bidang (Kabid) Perikanan Budidaya dan Lingkungan, Dinas Perikanan Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Musakkar Mulyadi.

Ia mengatakan, jumlah masyarakat yang tergabung didalam satu kelompok terdiri dari 10 sampai 15 orang.

“Saat ini, menurut data terakhir yang kami dapat, jumlah kelompok saat ini bekisar 500 an, dan didalam kelompok itu ada sekitar 10 sampai 15 warga yang mengisi,” ucap Musakkar saat diwawancarai melalui via telepon, Selasa, (02/07/24).

Lanjutnya, kelompok itu bertujuan, agar masyarakat mempunyai usaha mudah dipantau dalam mode pembinaan.

Pembinaan itu juga bermacam-macam mode, salah satunya meningkatkan pengembangan budidaya dengan cara diberikan sejumlah bantuan.

“Tujuan kami dengan adanya kelompok budidaya, agar mudah memantaunya dengan mode pembinaan pengembangan budidaya,” sambungnya.

Ia menambahkan, bantuan dapat diberikan kepada pembudidaya, harus diwajibkan untuk berkelompok dikarenakan tidak dapat diberikan secara individu.

“Kalau individu tidak bisa diberikan, maka masyarakat yang berprofesi sebagai petambak ataupun sejenisnya, diharuskan berkelompok,” tandasnya.

Jenis bantuan yang diberikan kepada pembudidaya itu sendiri yakni, pupuk daponin, dan lainnya, yang berkaitan dengan pengurangan hama. (ADV)

Bagikan:

Iklan