infobanua.co.id
Beranda BANJARMASIN Pelatihan Prosedur Ekspor Dorong Pengembangan IKM Banjarmasin

Pelatihan Prosedur Ekspor Dorong Pengembangan IKM Banjarmasin

Wakil Walikota Banjarmasin, H. Arifin Noor, Ketua Tim Ekpor PPEJP Kementerian Perdagangan, Junianto, Kepala Disperdagin, Ichrom Muftezar

Banjarmasin, infobanua.co.id – Pusat Pelayanan Sumber Daya Manusia Ekspor dan Jasa Perdagangan (PPEJP) Sekretariat Jenderal Kementerian Perdagangan, bekerja sama dengan Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Banjarmasin, menyelenggarakan Pelatihan Prosedur Ekspor bagi pelaku usaha Industri Kecil Menengah (IKM) Banjarmasin.

Acara pembukaan pelatihan yang dilaksanakan di Pyramid Suites Hotel Banjarmasin pada Senin (8/7/2024) ini dihadiri oleh Wakil Walikota Banjarmasin, H. Arifin Noor, Ketua Tim Ekpor PPEJP Kementerian Perdagangan, Junianto, Kepala Disperdagin, Ichrom Muftezar, serta sejumlah jajaran terkait.

H. Arifin Noor menyampaikan harapannya bahwa dengan semakin berkembangnya kegiatan ekspor di Kota Banjarmasin, akan dapat meningkatkan sektor perekonomian dan kesejahteraan bagi masyarakat.

Junianto, Ketua Tim Ekpor PPEJP, menjelaskan bahwa pelatihan ini akan berlangsung selama 3 hari, dari 8 Juli hingga 10 Juli, dengan tujuan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan kepada pelaku IKM/UKM Banjarmasin dalam prosedur ekspor ke negara lain. “Kami berupaya meningkatkan ekspor dari IKM/UKM di Banjarmasin, seperti makanan, minuman, kerajinan anyaman, dan alat musik biola serta produk kopi,” jelasnya.

Ichrom Muftezar, Kepala Disperdagin Banjarmasin, mengungkapkan bahwa pelatihan ini diikuti oleh 30 peserta dari Kota Banjarmasin. “Alhamdulillah, dua dari 30 peserta yang mengikuti pelatihan ini telah berhasil melakukan ekspor, termasuk biola dan kopi,” tambahnya.

Beliau berharap agar peserta lainnya juga dapat menjadi IKM yang mampu melakukan ekspor. “Kami berharap produk unggulan Kota Banjarmasin dapat diekspor lebih banyak lagi ke pasar internasional,” tutup Ichrom Muftezar.

Id/IB

Bagikan:

Iklan