infobanua.co.id
Beranda Daerah Pasukkan Paskibraka di Pessel Bakal Gunakan Sepatu Katidiang Produk Lokal Pada HUT RI 2024

Pasukkan Paskibraka di Pessel Bakal Gunakan Sepatu Katidiang Produk Lokal Pada HUT RI 2024

Pasukkan Paskibraka di Kabupaten Pesisir Selatan, bakal menggunakan sepatu Katidiang produk lokal asli daerah yang berbeda di Talaok,

Pesisir Selatan, infobanua.co.id – Pasukkan Paskibraka di Kabupaten Pesisir Selatan, bakal menggunakan sepatu Katidiang produk lokal asli daerah yang berbeda di Talaok, Kecamatan Bayang saat upacara bendera HUT RI pada 17 Agustus 2024 mendatang.

Penggunaan produk lokal itu merupakan salah satu bentuk dukungan terhadap pelaku usaha lokal, khususnya dengan klasifikasi Industri Kecil dan Menengah (IKM) yang ada didalam daerah terkhususnya produk lokal yang berasal dari Pesisir Selatan.

“Ya, seluruh pasukan Paskibraka Pesisir Selatan bakal menggunakan sepatu Katidiang produk lokal asal daerah kita pada upacara bendera HUT RI mendatang, “Kepala Kesbangpol Pessel, Mulyadi Dt. Rj.Intan melalui Kabit Ideologi Sanusi Jumat (12/7/2024).

Ia menerangkan, penggunaan produk lokal sepatu Katidiang oleh anggota Paskibraka Kabupaten Pesisir Selatan berdasarkan usulan dan intrusi Bupati Rusma Yul Anwar.

Sebab menurut beliau, hal itu demi mendukung dan membantu pertumbuhan produksi bagi UMKM, dan juga sebagai upaya membantu tingkat promosi bagi produk lokal yang ada di Pesisir Selatan.

“Karena untuk kualitas tidak bisa diragukan lagi, begitupun bahannya enak dipakai dan tidak kalah dengan produk lain. Ditambah lagi harganya lebih murah dari produk luar lainnya, “katanya.

Total sepatu Katidiang yang bakal digunakan sebut Sanusi, ada sebanyak 82 pasang, 38 untuk putra dan 35 untuk putri selebihnya digunakan oleh pelatih dan pasukkan lainnya yang tergabung dalam Paskibraka Pesisir Selatan.

“Pemakaian sepatu Katidiang sudah bisa dipastikan, karena sudah kita pesan dan sudah deal dengan pihak Katidiang, “ujar Sanusi.

Sebelumnya, Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar juga telah memakai dan memamerkan sepatu Katidiang pada Paripurna Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 daerah beberapa waktu lalu.

“Ya, asli buatan Pesisir Selatan. Mereknya Katidiang. Nyaman dipakai. Desainnya bagus dan kualitasnya tak kalah dengan sepatu impor,” ungkap bupati usai Paripurna HUT Pesisir Selatan ke-74 di Painan.

Selain Bupati sepatu Katidiang juga dipakai Wakil Bupati (Wabup) Rudi Hariyansyah, Sekretaris Daerah (Sekda) Mawardi Roska dan Kepala Dinas (Kadis) Perdagangan dan Transmigrasi Mimi Riarty Zainul.

Bupati melanjutkan Pemerintah kabupaten terus berupaya mendorong pertumbuhan nilai produksi IKM lokal, seiring dengan upaya pemulihan ekonomi daerah saat pandemi COVID-19.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan mengimbau para pejabat eselon III dan II di lingkup Pemerintahan Kabupaten Pesisir Selatan memakai produk buatan lokal, termasuk sepatu.

Pejabat mesti memberikan contoh pada masyarakat untuk mencintai dan bangga menggunakan produk buatan daerah, sehingga dapat memacu gairah usaha dan perekonomian daerah.

“Nah, ini salah satu bentuk perhatian dan kepedulian pemerintah daerah terhadap produk lokal, sehingga hasil produksi bagi produk yang dihasilkan UMKM di Pesisir Selatan semakin meningkat dan berkembang, “kata Bupati Rusma Yul Anwar.

IB

Bagikan:

Iklan