infobanua.co.id
Beranda KALTIM Penajam Paser Utara Ingin Keselamatan Penumpang Lebih Terjamin, Pj Bupati PPU Sosialisasikan Rencana Pembangunan Pelabuhan Speedboat dan Klotok

Ingin Keselamatan Penumpang Lebih Terjamin, Pj Bupati PPU Sosialisasikan Rencana Pembangunan Pelabuhan Speedboat dan Klotok

PENAJAM, Infobanua.co.id,  – Penjabat (Pj) Bupati Penajam Paser Utara (PPU), Makmur Marbun pimpin sosialisasi dalam rangka pembahasan rencana pembangunan pelabuhan speed Boat dan klotok Penajam di kantor bupati PPU.

Makmur Marbun menegaskan bahwa pelabuhan speed Boat maupun pelabuhan klotok Penajam, merupakan pintu gerbangnya PPU. Oleh karenanya kata dia, pelabuhan tersebut harus lebih baik dari yang ada saat ini, termasuk terkait jaminan terhadap keselamatan bagi penumpang menggunakan jasa penyebrangan tersebut.

Terlebih menurut Makmur Marbun, kabupaten yang memiliki julukan Benuo Taka yang saat ini telah menjadi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Dapat dipastikan pejabat negara maupun kebanyakan masyarakat penting lainnya kerap melalui pelabuhan penyebrang ini.

” Siapa yang bisa menjamin keselamatan bagi penumpang kalau kondisinya di pelabuhan seperti saat ini. Penumpang saja tidak menggunakan life jacket dan peraturan keselamatan lainnya. Pemerintah harus mengambil langkah, makanya saya inisiatif untuk membenahi itu,” tegasnya.

Makmur Marbun menambahkan bahwa dirinya tidak mempersoalkan aktivtas kegiatan penyebrangan di dua pelabuhan tersebut yang sudah terjadi sebelumnya. Tetapi dirinya ingin mengambil inisiatif kedepan agar sistem yang ada di pelabuhan tersebut harus sudah memenuhi standar opsional (SOP) keselamatan yang berlaku. Sehingga keselamatan penumpang dapat terjamin.

” Beberapa waktu lalu ada tamu saya seorang kepala daerah dan jajarannya datang ke PPU. Mereka bilang ke saya, naik spit boat dan klotok harus seperti itu ya, lompat sana-sini, ngeri. Saya kan pejabat Kemendagri masa daerahnya seperti itu,” kata Makmur Marbun.

Dalam sosialisasi ini juga dihadiri oleh pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) PPU, dinas Perhubungan PPU, Kepala bagian Pemerintahan, camat Penajam, perwakilan Badan Pertanahan (BPN) PPU, pihak pemilik lahan pelabuhan spit boat dan klotok serta sejumlah pihak terkait lainnya. (hms6/ib/adv)

Bagikan:

Iklan