infobanua.co.id
Beranda KALTIM Penajam Paser Utara BPBD Imbau Nelayan PPU Waspada Cuaca Ekstrem

BPBD Imbau Nelayan PPU Waspada Cuaca Ekstrem

PENAJAM, Infobanua.co.id – Kondisi alam yang tidak menentukan belakangan ini di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) menimbulkan kekhawatiran dimasyarakat terutama nelayan.

Kepala Pelaksanaan (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) M. Sukadi Kuncoro, menghimbau kepada seluruh masyarakat terutama nelayan, untuk tetap waspada dengan cuaca ekstrem yang terjadi saat ini.

Ia menyarankan, kepada nelayan untuk tidak pergi melaut terlebih dahulu melihat cuaca saat ini sangat ekstrem untuk melakukan aktivitas di laut.

“Kita imbau kepada pelaut (nelayan) untuk berhati-hati, karena kita kan tidak bisa melarang orang untuk melaut,” ucapnya.

Ia mengatakan, saat ini curah hujan yang tinggi, angin kencang hingga gelombang tinggi yang dapat membahayakan keselamatan masyarakat, sehingga nelayan perlu waspada sebelum turun beraktivitas di laut.

“  Pastikan dulu mesin dalam keadaan baik, serta perlengkapan seperti life jacket harus digunakan, sebelum berangakat,” tutur Kuncoro.

Ia meminta, kepada nelayan agar kapal atau perahu yang dipakai dilengkapi dengan alat keselamatan diri untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan.

“Kerena kita kan mau memasuki Bulan Agustus, dan kita berada diposisi Selatan otomatis ombak akan tinggi karena kita berhadapan lansung dengan selat Makassar,” tegasnya. (is/ib/Adv)

Bagikan:

Iklan