infobanua.co.id
Beranda BANJARMASIN Dampak 167 Kios Pasar Lima Terbakar Pemko Banjarmasin Rugi 100 Juta Per tahun

Dampak 167 Kios Pasar Lima Terbakar Pemko Banjarmasin Rugi 100 Juta Per tahun

BANJARMASIN – Kebakaran yang melanda Pasar Lima Banjarmasin, tepatnya di Jalan Pasar Baru, Kelurahan Kertak Baru Ilir, Kecamatan Banjarmasin Tengah, pada Sabtu (20/7/2024), telah menimbulkan dampak signifikan dan meninggalkan duka mendalam bagi berbagai pihak.

Peristiwa tragis ini mengakibatkan 167 toko dan kios terbakar habis, dengan rincian 34 unit di Pasar Lima tahap 1 dan 133 unit di Pasar Lima tahap 2.

Menurut Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Banjarmasin, Ichrom Muftezar, yang memberikan keterangan pada Senin (22/7/2024) di Balai Kota Banjarmasin, pihaknya segera menonaktifkan PO toko dan kios yang terdampak kebakaran mulai Agustus 2024 di aplikasi pembayaran retribusi.

Ichrom memperkirakan bahwa kerugian yang diderita Pemerintah Kota Banjarmasin dari kebakaran ini berkisar antara Rp 50 juta hingga Rp 100 juta per tahun, mengingat 167 kios dan toko yang musnah.

Hari ini, tim satgas kebersihan akan memulai proses pembersihan area kebakaran serta mengkoordinasikan kegiatan dengan para pedagang.

Selanjutnya, pada Selasa (23/7/2024), pihak terkait akan mengadakan pertemuan di Kantor Pasar untuk membahas rencana perbaikan kios yang terbakar. “Pertemuan ini akan membahas langkah-langkah perbaikan dan mencapai kesepakatan bersama dengan para pedagang. Kami perlu mencari solusi yang saling menguntungkan,” ungkap Ichrom Muftezar.

Bagikan:

Iklan