infobanua.co.id
Beranda BANJARMASIN Danrem 101/Ant, Tingkatkan Akselerasi Pembangunan Daerah Melalui TMMD

Danrem 101/Ant, Tingkatkan Akselerasi Pembangunan Daerah Melalui TMMD

Banjarmasin, infobanua.co.id – Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ta 2021 akan kembali dibuka, program ini merupakan Operasi Bhakti TNI yang dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan rakyat. Kegiatan ini dilaksanakan secara lintas sektoral dengan melibatkan berbagai unsur yaitu Pemerintah Daerah, Polri dan lnstansi Terkait lainnya serta masyarakat setempat.

Kegiatan tersebut diselenggarakan untuk membantu Pemerintah Daerah guna meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah dalam membangun insfrastruktur serta membuka daerah yang terisolir guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan kehidupan berbangsa maupun bernegara dalam rangka kepentingan pertahanan serta tetap terpeliharanya Kemanunggalan TNI-Rakyat.

Guna suksesnya pelaksanaan TMMD ke-111 Ta 2021 Korem 101/Antasari melaksanakan paparan bagi satuan yang akan melaksanakan TMMD bertempat di Ruang Yudha Makorem 101/Antasari, pada Selasa (18/05/2021)

Rapat dipimpin oleh Danrem 101/Ant Brigjen TNI Firmansyah yang dihadiri oleh Kasrem 101/Ant, Para Kasi Korem, Dandim 1009/Pelaihari dan Dandim 1010/Rantau.

Pemerintah Daerah Provinsi Kalsel dalam hal ini instansi terkait yang juga hadir Kepala Bappeda Prov. Kalsel, Kadis PMD Prov. Kalsel, Kadis PUPR Prov. Kalsel dan Kaper BKKBN Prov. Kalsel.

Danrem 101/Ant Brigjen TNI Firmansyah dalam sambutannya menyampaikan ’’Pelaksanaan TMMD ke-111 Ta 2021 dilaksanakan di dua Kodim yaitu Kodim 1009/Pelaihari tepatnya di desa Tanjung Kec. Bajuin Kab. Tanah Laut dan Kodim 1010/Rantau dilaksanakan di desa Suato Lama Kec. Salam Babaris Kab. Tapin” sebutnya

“Dalam pemilihan sasaran fisik diharapkan benar-benar dipilih desa yang terisolir ataupun tertinggal jika dibandingkan dengan desa lainnya ataupun sesuai dengan usulan dari masyarakat (Bottom up Planning), termasuk pelaksanaan bedah rumah tidak layak huni”

Lebih lanjut “Dalam pelaksanaan TMMD ke-111 ini, juga terdapat lomba yang harus diikuti oleh masing-masing Kodim, baik itu lomba penilaian kategori Dansatgas, kategori media cetak/online dan juga kategori media elektronik”

‘’Selalu berkoordinasi dan bekerjasama dengan instansi terkait lainnya guna tercapainya keberhasilan dan ketepatan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan’’pungkasnya.

Kegiatan TMMD ke 111 yang dilaksanakan di Kodim 1009/Pelaihari dan Kodim 1010/Rantau, yang dilaksanakan mulai Minggu ke ll Juni sampai dengan Minggu ke ll Juli Ta 2021, adapun sasarannya berupa sasaran fisik dan non fisik. Untuk sasaran fisik berupa pembuatan badan jalan di daerah terisolir, pemasangan gorong-gorong, pembuatan drainase, perbaikan fasilitas Mushola, rehab rumah, rehab TK Al qur’an, dan rehab Poskamling.

Sedangkan untuk sasaran non fisik berupa penyuluhan wawasan kebangsaan, penyuluhan pertanian, peternakan, kehutanan, sosialisasi penanggulangan bencana alam, Posyandu, Posbindu, stunting, penyuluhan KB kesehatan dan dampak pernikahan dini, penyuluhan Narkoba, Rekrutmen TNI, sosialisasi tentang Covid-19 dan PPKM, dan juga adanya kelas lapangan untuk minat baca yang bekerjasama dengan Dispersip Prov. Kalsel serta kegiatan Bakti Sosial lainnya.

Rel/IB

Bagikan:

Iklan