infobanua.co.id
Beranda KOTABARU Pemkab Kotabaru Gelar Pawai 1 Muharram 1446 Hijryah

Pemkab Kotabaru Gelar Pawai 1 Muharram 1446 Hijryah

KOTABARU- Infobanua.co.id: Pemerintah Kabupaten Kotabaru melalui PHBI (Panitia Hari Besar Islam) 1446 Hijryah, Menggelar Lomba Pawai Muharram dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1446 Hijryah yang jatuh pada tanggal 07 Juli 2204 dengan star di depan Ex Kantor Bupati dan finis di sekitaran Bank BPD Kalsel berlangsung pada minggu pagi (21/05/2024).

Dalam kesempatan tersebut Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Kotabaru Drs. H. Minggu Basuki, M. AP membacakan sambutan tertulis Bupati Kotabaru sangat menyambut baik dilaksanakannya Pawai Muharram 1446 Hijryah, selain untuk membuat penyambutan tahun baru islam menjadi meriah.

“Momentum pelaksanaan Pawai Muharram yang kita laksanakan pagi ini, haruslah menjadi motivasi seluruh elemen masyarakat untuk terus memperkuat tali ukhuwah, baik itu ukhuwah insaniyah . Karena dengan kuatnya ikatan persaudaraan, saya yakin dapat melahirkan sebuab kekuatan serta semangat baru untuk bersama-sama membangun daerah ini, menuju Kabupaten Kotabaru bermarwah, maju dan sejahtera,” Ucapnya.

Tambahnya, kegiatan ini juga dapat dijadikan sebagai media untuk menggungah semangat generasi muda islam kita, agar bisa lebih memahami dan memaknai pergantian tahun hijryah dengan hal-hal positif yang bermanfaat.

“Saya berharap, melalui kegiatan Pawai Muharram ini, masyarakat bisa memahami dan menjadikan penyambutan Tahun Baru Islam sebagai pendorong transformasi diri untuk ikut hijrah ke arah yang lebih baik lagi dalam iman, ilmu serta amal,” Harapnya.

Selain, Asisten 1 Setda Kotabaru juga berpesan kepada seluruh peserta Pawai Muharram, agar mengutamakan keselamatan dsn ketertiban sehingga pawai muharram ini dapat berjalan dengan aman dan lancar serta benar-benar dapat dijadikan sebagai event seni, religi, dan budaya yang bermanfaat bagi Kabupaten Kotabaru.

Sedangkan dalam laporan Ketua Panitia Dr. H. Akhmad Ismail Fahni, SE, M
Si memaparkan, kegiatan ini merupakan program kerja PHBI Kotabaru Tahun 2024, dengna tujuan untuk memeriahkan Tahun Baru Islam, dan mempererat talisilaturahmi dan ukhuwah islamiyah.

“Perkembangan zaman dan persainagn teknologi merupakan tantangan yang harus dihadapi oleh para generasi muda islam, jangan sampai pesatnya perubahan zaman ini mereka melupakan moment sejarah agama islam. Oleh karena itu, umat islam harus benar-benar cermat memilih dan memilah yang mana memberikan dampak positif dan mana yang kegiatan negatif. Maka diperlukan penanaman akidah yang kuat serta pendidikan agama sejak dini, diantaranya melalui moment Tahun Baru Islam 1446 Hijryah, supaya mereka mengenal dan lebih mencintai serta memegang teguh ajaran agama islam,” Jelasnya.

Dalam kegiatan ini diikuti 37 peserta dengan mengangkat tema ” Ereratkan Ukhuwah Perbanyak Ibadah” ini melibatkan siswa SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA dan Majelis Ta’lim juga masyarakat umum, dimana terlihatnya para peserta yang banyak menampilkan berbagai atribut seperti mengenakan pakaian hajjah, Miniatur Kabbah, dan tulisan Asmaul Husna serta tarian, lantunan shalawat dan kisah para Nabi yang memukau para penonton yang memadati Eks. Depan Kantor Bupati dan jalan trotoal.

Adapun dalam kegiatan ini, para peserta lomba Pawai Muharram akan mendapatkan uang pembina, tropi dan piala dengan kategori Tingkat Sekolah Dasar, SMP dan SMA Sederajat Juara I uang sebesar Rp. 3.000.000 ( tiga juta rupiah), Juara II sebesar Rp. 2.500.000 (dua juta lima ratus rupiah) dan Juara 3 sebesar Rp. 2.000.000 (dua juta rupiah), sedangkan Kategori Umum sebesar Rp. 1.500.000 (satu juta lima ratus rupiah).

Kegiatan ini dihadiri Asisten I Setda Kotabaru, Ketua TP. PKK Kotabaru, Forkopimda, Kepala Kantor Kementrian Agama Kotabaru dan SKPD Lingkup Kotabaru.(JL).

Bagikan:

Iklan