infobanua.co.id
Beranda KALTENG Kejuaraan Pencak Silat Rebut Piala Pj Bupati Kapuas

Kejuaraan Pencak Silat Rebut Piala Pj Bupati Kapuas

 

Kuala Kapuas- Kali pertama Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI), Kabupaten Kapuas menyelenggarakan Event kejuaraan pencak silat memperebutkan Piala Pj Bupati Kapuas. Event tersebut diprakarsai oleh perguruan pencak silat Pagar Nusa Kapuas. Seperti yang kita ketahui bersama sebut Tommy Saputra ketua panitia kegiatan,bahwa perguruan pagar nusa ini badan otonomnya dari Nahdatul Ulama (NU), yang siap menjaga NKRI dan para ulama.

Dalam laporannya Tommy sapaan akrabnya membeberkan, bahwa jumlah peserta yang ikut bertanding ada sekitar 70 orang peserta. Jadi peserta yang mengikuti Open Tournament ini, ada dari IPSI Kalimantan Selatan dan IPSI Kalimantan Tengah Juga IPSI Kabupaten Kapuas.” Tutur Tommy Saputra Ketua Panitia Penyelenggara Kejuaran Pencak Silat Se Kalselteng. Tepat di Aula Pemda Kabupaten Kapuas Jl. Pemuda Kamis 25 Juli 2024.

Dalam momen yang sama Ketua IPSI Kapuas, Saifuddin mengungkapkan rasa terima kasihnya atas dukunggan Erlin Hardi ST yang berkenan mempersembahkan Piala Pj Bupati Kapuas pada Open Tournament ini. Begitu juga dengan KONI Kapuas yang sepenuhnya memberi bantuan agar kegiatan pada hari bisa terlaksnakan.

” Tentunya kami dari IPSI Kapuas, sangat berterima kasih dan mengaprisiasi atas support dan dukunggan yang diberikan oleh Erlin Hardi beserta Koni Kapuas”. Ungkap Ketua Ipsi Kapuas dalam sambutannya.

Kemudian lanjut Saifuddin menyebutkan, bahwa peserta yang mengikuti pertandingan pencak silat hari ini ada perguruan IPSI Kalimantan Selatan, perguruan IPSI Palangkaraya, perguruan IPSI Kabupaten Pulang Pisau dan semua perguruan dari IPSI Kabupaten Kapuas,itu ikut serta.

Ketua IPSI Kapuas menegaskan, ada 14 perguruan pencak silat di Kota Air yang dalam naungan IPSI Kapuas. Dari 14 perguruan tersebut beranggotakan kurang lebih 5000 ribu orang tersebar diseluruh Kecamatan Kabupaten Kapuas.” Beber Saifuddin.

Dengan adanya Tournament ini sambung Ketua IPSI Kapuas, salah satu upaya pihaknya untuk menyeleksi atlet yang handal untuk dibina. Agar para atlet seni bela diri pencak silat kedepannya nanti bisa tampil lebih baik dengan talenta dan skiil mumpuni dalam mengikuti ajang kompetisi baik tingkat daerah, Nasional hingga mancanegara.

” Dirinya berharap semoga para atlet binaan IPSI Kapuas, pada event-event mendatang bisa menoreh prestasi gemilang sehingga membanggakan dan mengharumkan Kabupaten Kapuae,” Harap Ketua IPSI Kapuas usai membuka kegiatan.

” Sebab menurutnya, jika menilik para atlet pencak silat Kuala Kapuas, sangat berpotensi dan penting. Juga haru terus dilakukan pembinaan dan pelatihan secara berkesinambungan terhadap atlet. Jika melihat dari potensi yang ada, maka terus diasah lagi guna meningkatkan kemampuan mereka melalui pelatihan yang intensif.” Tegasnya

Sementara itu sambutan Erlin Hardi yang dibacakan Drs Aswan M,SI Kadisdik Kabupaten Kapuas, mewakili Pj Bupati Kapuas mengatakan, bahwa beliau sangat mendukung penuh kegiatan Open Tournament pada hari ini. Pj Bupati Kapuas juga berpesan kepada para atlet yang berkompetisi pada laga kejuaran pencak silat, agar selalu mengedapankan sportifitas dan selalu menjaga stamina agar bisa mengapai prestasi yang di inginkan.

Pada dasarnya imbuh Aswan panggilan femiliarnya, Bupati Kapuas sangat menaruh harapan besar terhadap para atket yang berlaga pada kejuaran pencak silat dibawah naungan IPSI Kabupaten Kapuas. Nantinya bisa menciptakan bibit handal yang mumpuni dari seni bela diri pencak silat Kapuas. Sehingga kehadiran para atlet pencak silat Kota Air bisa menjadi kebanggaan sekaligus mengharumkan Kabupaten Kapuas. Guna mewujudkan hal tersebut Pemkab Kapuas siap mendukung sepenuhnya baik dari sarana dan prasarana serta apa saja yang diperlukan oleh semua perguruan dalam binaan IPSI Kapuas.” Pungkas Drs Aswan M,SI Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas, sembari membuka dengan resmi pergelaran Open Tournament Piala Pj Bupati Kapuas.

Pantauan media ini selama kegiatan berlangsung nampak dihadiri Dandim 1011 Kapuas, Kapolres Kapuas, juga Koni Kapuas dan kepala Opd Kabupaten Kapuas bersama dengan seluruh peserta.” (Angga)

Bagikan:

Iklan