infobanua.co.id
Beranda Daerah Selalu Dikerumuni Warga Saat Ada Kegiatan, Sosok Pemimpin Sederhana dan Dekat Dengan Masyarakat

Selalu Dikerumuni Warga Saat Ada Kegiatan, Sosok Pemimpin Sederhana dan Dekat Dengan Masyarakat

Pesisir Selatan, infobanua.co.id – Setiap ada kegiatan kelapangan Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) Rusma Yul Anwar selalu dihampiri dan dikerumuni masyarakat dan berinteraksi didaerah tersebut.

Hal itu terlihat saat Bupati Rusma Yul Anwar tengah menghadiri kegiatan pembukaan TMMD di Kecamatan Linggo Sari Baganti pada Rabu (24/7/2024) lalu. Usai kegiatan, beberapa orang ibuk-ibuk datang menghampiri beliau dan beliau terlihat menyalami warga yang datang sambil bercanda.

Pada kesempatan tersebut Bupati Rusma Yul Anwar mendengar beberapa keluhan warga yang belum mendapatkan BPJS grtis, dan Bupati Lansuang menanggapi persoalan itu dengan memanggil petugas PSM dan Dinas Kesehatan untuk segera diproses.

“Petugas PSM dan Dinkes kesini, ambil data ibuk ini dan langsung usulkan untuk menerima BPJS grtis di awal Agustus tahun ini, “ucap Bupati sambil memanggil petugas PSM dan Dinas Kesehatan.

Karena lansuang ditanggapi, Eti Juwita (42) mengucapkan terimakasih kepada Bupati Rusma Yul dan dia sangat bersyukur atas tanggapan beliau dengan cepat.

Diceritakannya, kondisinya saat ini mengalami sakit dibagian mata dan dia pengen berobat kerumah sakit. Namun, terkendala biaya dan tidak memiliki BPJS.

“Mata saya sakit dan bengkak mau berobat tidak ada biaya, BPJS saya tidak punya. Setelah saya adukan ke Bupati beliau lansung menanggapi, kata beliau Agustus ini akan dikeluarkan BPJS gratis saya, “ujarnya.

Padahal kata Eti, tadinya dia ragu-ragu untuk menemui Bupati, tetapi ketika dilihat Bupati lewat dan menyalaminya barulah dia berani menyampaikan keluhan dan kondisinya saat ini.

“Tadi saya tidak berani dan ragu. Tapi karena dilihat beliau menyalami seluruh warga dan juga saya, barulah saya berani ternyata beliau sangat baik dan sederhana meskipun beliau seorang Bupati beliau mau menyalami dan menghampiri kami, “ucap Eti.

Tidak hanya itu, saat kegiatan kelapangan Bupati Rusma Yul Anwar juga sangat sering meluangkan waktunya disela-sela padatnya kegiatan resmi yang dihadiri.

Sebagaimana diketahui, Rusma Yul Anwar juga menyempatkan diri berdialog bersama masyarakat di kedai-kedai kopi, rumah makan begitu juga ditengah jalan.

Sebab menurut Rusma Yul Anwar, berdialog dan ngobrol santai di kedai-kedai kopi seperti ini lebih santai dan masyarakatpun lebih terbuka. Kemudian, mereka juga bakal merasa nyaman dan tidak ada sekat-sekat antara pemimpin dan rakyat.

“Ngobrol di tempat-tempat santai seperti ini lebih asyik dan membuat masyarakat lebih terbuka,” ujar Rusma di Kecamatan Linggo Sari Baganti, 24 Juli 2024.

Seterusnya, momen-momen tersebut menjadi kesempatan baginya untuk menyerap aspirasi dan keluhan masyarakat secara langsung.

“Berbeda dengan di acara formal, di mana masyarakat mungkin merasa canggung untuk menyampaikan aspirasinya, “kata Bupati Rusma Yul Anwar.

Bahkan, Rusma tidak segan-segan untuk datang ke nagari-nagari tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada wali nagari atau camat.

“Hal itu saya lakukan agar bisa bertemu dengan masyarakat secara lebih spontan dan alami,” katanya lagi.

Salah satu warga, Rido, mengatakan bahwa Rusma adalah bupati yang mudah dihubungi dan mau mendengarkan keluhan rakyatnya.

“Beliau sering turun ke lapangan dan ngobrol langsung dengan masyarakat. Ini menunjukkan bahwa beliau peduli dengan rakyatnya,” kata Rido.

Dengan pendekatan Rusma ini ia berharap agar dapat membantu dalam menyelesaikan berbagai permasalahan di Pesisir Selatan.

“Dengan memahami langsung apa yang dibutuhkan masyarakat, kami berharap Bupati Rusma dapat merumuskan kebijakan yang tepat dan efektif,” imbuh Rido.

IB

Bagikan:

Iklan