infobanua.co.id
Beranda SUMATERA UTARA Pessel Pecahkan Rekor Baru, Menjadi Kabupaten Dengan Cakupan Imunisasi Polio Tertinggi di Sumbar

Pessel Pecahkan Rekor Baru, Menjadi Kabupaten Dengan Cakupan Imunisasi Polio Tertinggi di Sumbar

Info Banua–Kabupaten Pesisir Selatan berhasil memecahkan rekor baru dan menjadi Kabupaten dengan cakupan imunisasi polio tertinggi di Sumatera Barat (Sumbar) dari 19 Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi tersebut.

Pencapaian positif bahkan menjadi tertinggi di Sumbar ini, dicapai berdasarkan pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio yang telah berlangsung sejak tiga hari yang lalu.

Dimana dihari ketiga pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio, cakupan imunisasi di Pesisir Selatan telah mencapai 82,21 persen, yang mana capaian itu melampaui target yang sebelumnya ditetapkan.

Sebagaimana diketahui, beberapa torehan dan hasil positif yang berhasil diraih oleh Kabupaten Pesisir Selatan sejak beberapa tahun ini tidak terlepas dan sejalan dengan visi-misi Bupati Rusma Yul Anwar.

Yang mana selama ini, pemerintahan Bupati Rusma Yul Anwar sangat serius dan fokus bergerak dalam membenahi sektor kesehatan, pendidikan, pertanian, dan peningkatan infrastruktur yang terhubung dengan beberapa sektor itu. Sehingga hal itu mampu mendorong dan mendongkrak perekonomian masyarakat diberbagai sektor.

“Pencapaian ini menjadikan Pesisir Selatan sebagai kabupaten dengan cakupan imunisasi tertinggi di Sumatera Barat, “sebut Kepala Bidang Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Pesisir Selatan, Erna Juita pada Jumat (26/7/2024).

Erna Juita menjelaskan, kebersihan atas capaian itu tidak terlepas dari komitmen yang tinggi dari masyarakat Pesisir Selatan atas kepeduliannya terhadap kesehatan anak-anak mereka.

Selain masyarakat, capaian tersebut juga tidak terlepas dari kegigihan dan keseriusan petugas Puskesmas dalam memberikan pelayanan terbaik terhadap masyarakat di Pesisir Selatan.

“Ini adalah capaian dan kemenangan kita bersama. Masyarakat, petugas kesehatan dan pemerintah daerah yang telah bekerjasama dengan baik. Sehingga, kita berhasil meraih keberhasilan ini, “ujarnya.

Ia menyampaikan, untuk capaian dan cakupan tertinggi bahkan menjadi contoh keberhasilan terdapat dibeberapa Puskesmas yang ada di Pesisir Selatan diantaranya di Puskesmas Tanjung Makmur, Tarusan, dan Rahul Tapan.

“Memang masih ada beberapa Puskesmas yang harus ditingkatkan cakupan imunisasinya. Tapi kita berharap kedepannya lebih baik lagi dan capaian cakupannya harus ditingkatkan, “kata Erna Juita.

Meskipun telah mencapai hasil yang sangat baik, Dinas Kesehatan Pesisir Selatan tidak berpuas diri. Mereka terus berupaya untuk meningkatkan cakupan imunisasi hingga mencapai 100%.

Sementara itu, Bupati Rusma Yul Anwar memberikan apresiasi atas capaian dan kerjasama seluruh pihak dari hasil yang diraih Pesisir Selatan saat ini.

Terutama katanya, apresiasi disampaikan kepada masyarakat Pesisir Selatan yang peduli dan sadar atas kesehatan bagi anak-anaknya.

Sebab menurutnya, imunisasi sangat penting dan harus dilakukan, karena imunisasi penting bagi kesehatan anak-anak dan masa depannya dimasa mendatang.

“Imunisasi merupakan investasi terbaik untuk anak-anak kita. Karena dengan imunisasi kita bisa mengetahui kesehatan anak dan melindungi anak kita dari penyakit berbahaya seperti polio, “ucap Bupati Rusma Yul Anwar.

Bagikan:

Iklan